Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan kulit kita. Terutama untuk kamu yang memiliki penyakit kulit seperti Keloid. Salah satu penyakit kulit yang ringan namun tetap harus melakukan perawatan yang intensif. 

Keloid adalah salah satu bekas luka yang cukup menganggu penampilan karena bentuknya yang tebal dengan warna kontras dengan kulit sekitarnya. Keloid dapat tumbuh di area manapun, namun biasanya berbentuk dibagian dada, bahu, dan area kepala. Pada umumnya keloid dialami oleh mereka yang memiliki kulit lebih gelap, tetapi ini juga bisa terjadi oleh mereka yang memiliki kulit cerah. 

Keloid ini dapat disebabkan oleh berbagai luka, seperti luka bakar, luka bekas tindik, luka bekas operasi, dan luka bekas goresan. Menurut para ahli Keloid ini diturunkan secara genetik dalam keluarga. Seseorang akan lebih berpotensi terkena Keloid pada saat terluka. Keloid akan muncul pada bekas jerawat atau bekas suntik vaksinasi. Jika kamu memiliki risiko Keloid keturunan disarankan untuk tidak melakukan tindik, tattoo, atau pun melakukan operasi yang dilakukan secara mendesak.

Walaupun Keloid ini tidak berbahaya, namun Keloid ini dapat menimbulkan gatal dan iritasi pada kulit terutama apabila terkena gesekan pakaian, terkena paparan sinar matahari. Warna Keloid bisa menggelap dan sifatnya permanen. Oleh karena itu untuk menghilangkannya cobalah beberapa cara ini untuk menghilangkan Keloid di bawah ini.

 
source:https://globuzzer.mn.com

Operasi
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan Keloid ini adalah dengan melakukan operasi. Dokter akan melakukan operasi dengan memotong Keloid tersebut. Namun cara ini dapat menimbulkan resiko munculnya Keloid lainnya karena adanya bekas luka operasi. Tapi dokter dapat mengatasinya dengan radiasi atau penyuntikan steroid pada bekas luka.

Laser
Yang kedua adalah dengan melalukan Laser, dimana Laser akan membantu memudarkan dan meratakan keloid juga membuat warna merahnya menjadi lebih pudar. Namun metode ini memakan biaya yang sangat mahal dan harus sering dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Dengan Suntikan Kortikosteroid Pada Keloid
Menyuntikan suntukan Kortikosteroid pada Keloid adalah cara yang paling aman untuk menghilangkan Keloid, tetapi cukup sakit. Dengan menyuntikannya secara rutin satu sampai dua bulan sekali sampai Keloid mulai mengempis. Namun bekas suntikan ini bisa menimbulkan kemerahan pada kulit karena merangkan ke pembulu darah di area permukaan kulit dan setelah mendapatkan hasil yang maksimal, bekas luka akan tetap terlihat di area permukaan kulit yang berbeda. 

Cryotherapy 
Kalau cara yang satu ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair yang membekukan Keloid. Cara ini bisa mengempiskan Keloid tapi akan meningalkan bekas luka berwarna gelap pada permukaan kulit. 

Silikon Gel
Dengan menggunakan Silikon Gel yang dibalutkan pada permukaan kulit yang terdapat Keloid. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dilakukan selama beberapa bulan 

Selain beberapa cara di atas beberapa cara alami yang dapat kamu coba untuk mengatasi Keloid dengan cara yang alami.

Menggunakan Lidah Buaya
 
source:https://beritagar.id

Lidah buaya memang terkenal untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan enam kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jus Lemon
source:https://shoppersocial.me

Adanya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon sangat ampuh untuk mengurangi bekas luka. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan jus lemon dan kemudian bilas dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang optimal lakukan dua kali sehari dalam sebulan.

Cuka Apel
 
source:https://lifestyle.kompas.com

Cara terakhir adalah dengan menggunakan cuka apel, dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dan 1 sendok teh air, oleskan ke area bekas luka dengan menggunakan kapas.
Kemudian diamkan selama satu setengah jam lalu bilas dengan air. Agar hasilnya optimal lakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.


Itu dia Ladies, beberapa cara yang dapat di coba untuk mengatasi Keloid. Beberapa cara di atas dapat dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat ya Ladies.