Merawat mulut memang sangat penting bukan hanya untuk gigi yang berkilau tetapi juga untuk kesehatan diri secara keseluruhan. Penyakit gusi telah dikaitkan dengan Alzheimer dan penyakit jantung. Tapi merawat mulut dengan menggunakan seteguk obat kumur itu mungkin tidak membantu. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa menggunakan obat kumur sebenarnya dapat meningkatkan tekanan darah nih Ladies.
 

source:https://www.rd.com

Mengapa? Karena di dalam mulut kita mengandung bakteri yang baik dan buruk, dan memiliki microbiome oral yang seimbang membantu mencegah penyakit. Nah untuk mengatasi itu kamu bisa menggunakan obat kumur. Bakteri yang baik di mulut memungkinkan konversi nitrat makanan yang biasa ditemukan dalam sayuran menjadi nitrat oksida (NO). Molekul itu, pada gilirannya, membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. 

Dan Ladies perlu tahu, bahwa obat kumur mengandung senyawa antiseptik yang disebut chlorhexidine. Itu dapat menghancurkan bakteri di mulut yang menghasilkan oksida nitrat. Penelitian terhadap 26 orang menunjukkan bahwa menggunakan obat kumur dengan chlorhexidine dua kali sehari selama seminggu dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah sistolik yang "signifikan". Angka di atas digunakan untuk mengukur tekanan dalam pembulu darah kamu ketika jantung kamu berdetak Ladies.

 

source:https://app.emaze.com

Seorang peneliti Nathan Bryan, asisten profesor di Baylor Collage of Medicine di Houston Texas, mengatakan. "Seseorang tidak akan sehat tanpa ada jumlah yang memadai dari NO yang beredar dalam tubuh."

Hampir setiap orang menggunakan obat kumur antiseptik, yang menghancurkan 'bakteri baik' ini mungkin lebih berbahaya yang dapat merusak mulut kamu.

''Temuan mereka mungkin juga menjelaskan mengapa dua dari tiga orang dengan tekanan darah tinggi tidak dapat mengelola hipertensi mereka dengan obat-obatan,'' kata Bryan.

Para ilmuan mengatakan nih Ladies untuk mengurangi penggunaan obat kumur dengan chlorhexidine. Yang berguna untuk mengembalikan bakteri baik pada mulut kita. 

Nah itu dia Ladies penjelasan mengenai efek buruk dari menggunakan obat kumur. Ternyata obat kumur juga mempunyai efek yang buruk jika terus-menerus digunakan untuk membersihkan gigi. Untuk itu yuk coba kurangi penggunaan obat kumur ini demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Semoga bermanfaat Ladies.