Sambal dibuat dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menguleknya menggunakan cobek dan ulekkan. Cobek memang sudah digunakan sedari dulu untuk mengolah bumbu dapur dengan menumbuknya. Tidak hanya bumbu dapur, tetapi juga jamu atau obat-obatan. Cobek yang terbuat dari bahan keras seperti batu mampu menjadi alat masak alami dan tahan lama.

Salah satu sambal yang digemari oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia adalah sambal cobek. Sambal yang dibuat menggunakan cobek dan ulekkan ini memiliki cara pembuatan yang sederhana, patut kamu coba.
 
Jika kamu mencari di google, ada seribu lebih resep sambal cobek yang bisa kamu ikuti. Namun ternyata bahan utama yang cukup untuk membuat sambal cobek adalah cabai merah, tomat, dan jeruk limau. Namun, kamu juga bisa mencampurkan bahan-bahan lain seperti cabai rawit, terasi, bawang merah, bawang putih, garam, atau gula. Hal ini tentu adalah pilihan kamu. Takarannya pun juga disesuaikan dengan keinginan kamu.

Resep: Sambal Cobek Teman Makan Lalapan, Pedasnya Menggugah Selera!

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

  1. Cobek
  2. Ulekkan
  3. Cabai merah
  4. Tomat
  5. Air panas
  6. Jeruk limau
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan
baca juga

Cara pembuatan

  1. Cuci terlebih dahulu cabai merah, tomat, dan jeruk limau yang sudah kamu persiapkan
  2. Ulek cabai merah yang sudah dicuci dengan menggunakan cobek dan ulekkan
  3. Potong tomat menjadi beberapa bagian
  4. Campurkan potongan tomat tersebut dengan cabai merah yang sudah diulek
  5. Ulek cabai merah dengan tomat bersamaan
  6. Masukkan air panas sedikit (satu/dua sendok makan) agar terlihat lebih encer
  7. Berikan perasan jeruk limau
  8. Sajikan dengan lauk pauk kesukaan kamu, kerupuk, atau nasi hangat agar lebih sedap
Cara pembuatan

Sambal cobek atau biasa disebut sebagai sambal mentah merupakan pelengkap makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap. Apalagi oleh orang Indonesia. Ada berbagai macam sambal yang sudah berinovasi hingga saat ini. Namun, keberadaan sambal cobek masih tetap menjadi favorit kita semua. Mungkin hal tersebut dikarenakan cara pembuatannya yang simple, sederhana, tetapi juga hasilnya enak. Kamu mau mencobanya?