Nasi Liwet

Nasi Liwet
Ketika menyambangi Kota Solo, nasi liwet adalah salah satu makanan yang enggak boleh kamu lewatkan loh, ladies. Nasi Liwet terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa sehingga rasanya sangat gurih. Perbedannya dengan nasi uduk adalah proses memasaknya. Kalau nasi liwet melalui proses pengukusan selama 25 menit, sedangkan nasi uduk melalui proses di-aronin sebelum dikukus.

Walaupun terlihat sederhana, namun makanan khas ini ini sangat gemari oleh masyarakat dan menjadi salah satu ikon kuliner tradisional di kota Solo. Beberapa dari masyarakat akan memakan nasi liwet bersamaan dengan lauk pauk, seperti telur rebus, sayur jipang, dan sambal.

 

Soto Kudus

Soto Kudus
source: https://www.nibble.id/blog/wp-content/uploads/2017/08/soto-kudus-di-jakarta-01.jpg
Kamu pecinta soto pastinya enggak asing lagi dengan jenis soto nusantara satu ini. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau soto satu ini berasal dari Kota Kudus yang berada di bagian utara Jawa Tengah.

Walaupun tampaknya sederhana, soto ini memiliki rasa yang istimewa. Semangkuk kecil soto kudus berisi nasi, suwiran ayam, dan tauge. Biasanya soto kudus memiliki makanan pendamping yang tak kalah sedap seperti, sate usus, sate paru, kerupuk, perkedel, dan lain-lain. 

 
baca juga

Mie Ongklok

Mie Ongklok
source: https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/07/Tempat-Santap-Mie-Ongklok-Enak-di-Wonosobo-Enak-dan-Menghangatkan-1.jpg
Kamu sedang berwisata ke Dieng? Jangan lupa untuk mencoba Mie Ongklok yang merupakan makanan khas tradisional Jawa Tengah, Wonosobo. Mie Ongklok adalah mie berkuah yang menggunakan Kanji yang membuat kuahnya semakin kental dibadingkan dengan kuah mie pada umumnya. 

Ongklok sendiri merupakan keranjang kecil yang terbuat dari bambu yang dianyam. Ongklok biasanya digunakan untuk membantu merebus mie dan kuahnya. sebagai pendampingnya, kamu bisa sambil makan kudapan sate sapi, keripik, tahu, dan tempe kemul untuk kenikmatan mie ongklok yang lebih hakiki.

 

Tahu Petis

Tahu Petis
source: https://jadimandiri.org/wp-content/uploads/2017/03/tahu-petis-via-rmputridotwordpressdotcom.jpg
Sudah puas dengan makanan berat di sekitar Jawa Tengah, sekarang waktunya mencoba kudapan kecil asli kota Semarang. Seperti yang diketahui dari namanya, bahan utama dari tahu petis adalah tahu. Hal istimewa dari tahu satu ini adalah saus hitam yang disajikan. Saus hitam ini berasal dari rebusan ikan atau udang yang dimasak hingga menjadi kental.

Makanan khas ini menjadi salah satu kudapan yang harus ada di sore hari ketika sedang nongkrong dan bercengkrama dengan teman-teman tersayang. Kamu bisa menemukan tahu petis dengan mudah di sekitar kota Semarang.

 
baca juga

Getuk Goreng

Getuk Goreng
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b8/Getuk_goreng_Sokaraja.jpg
Getuk goreng adalah salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang memiliki sejarah cukup unik. Makanan ini mulanya berasal dari penjual nasi keliling yang menjajakan nasi dengan getuk. Karena jajanannya kurang laku, ia kemudian menggoreng getuk tersebut agar dapat dijual esok hari. Siapa sangka, ternyata setelah digoreng makanan ini laris terjual.

Cerita getuk goreng sendiri berasal dari Sokaraja-Banyumas, Jawa tengah. Sama sepertu getuk pada umumnya, makanan khas ini terbuat dari olahan singkong. Agar rasanya manis, para produsen getuk menambahkan gula jawa dan gula merah.