Saffron memang tampak kecil dan ringan. Namun siapa sangka, justru saffron dinyatakan sebagai rempah termahal di dunia. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, pertama, proses untuk mendapatkan saffron yang siap pakai dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia. Selain itu saffron yang berasal dari putik bunga Crocus Sativu ini hanya menghasilkan tiga putik per tangkainya. Ditambah dengan musim panen yang hanya terjadi satu tahun sekali yaitu pertengahan Oktober hingga awal November. Untuk mendapatkan satu kilogram saffron sendiri dibutuhkan sekitar 150 ribu bunga Crocus Sativu.

Segudang Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
source: https://www.pixabay.com
Saffron banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Masakan India adalah salah satu yang banyak memanfaatkan rempah ini. Selain itu, saffron kerap dicampur dalam adonan es krim, dicampur ke dalam selai, sebagai campuran isian aneka roti kualitas premium.

Air yang dicampur dengan saffron yang ditambahkan ke dalam adonan bisa memberikan warna kuning keemasan yang cantik ketika roti telah matang. Selain banyak digunakan dalam dunia kuliner, saffron banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan lho. Biasanya dipakai sebagai bahan baku kosmetik, parfum, pewarna alami dan juga obat-obatan. Jika kamu ingin mengambil manfaat saffron, kamu bisa menikmatinya dengan cara sederhana yaitu diseduh sebagai minuman hangat.
Segudang Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
source: https://www.freepik.com

Dikutip dari Style Craze, dalam 100 gram saffron terkandung 310 kilo kalori, 65.37 gram karbohidrat, 11.43 gram protein, 5.85 gram lemak, dan 0 mg kolesterol. Serta memiliki kandungan serat makanan sebesar 3,9 gram dengan mineral lain seperti kalsium 111 mg, tembaga, 0.328 mg, besi 11.10 mg, magnesium 264 mg, serta mangan 28 mg yang berkontribusi pada basis mineralnya.

Simak yuk, beragam manfaat bunga saffron yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan ini.

baca juga

1. Sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh

1. Sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh
source: https://www.pixabay.com

Hal ini karena bunga saffron memiliki kandungan antioksidan yang beragam seperti crocin, crocetin, safranal dan kaempferol yang bisa langsung didapatkan setiap kali mengkonsumsi bunga saffron.

2. Pencegah Kanker

3. Meningkatkan Daya Ingat

3. Meningkatkan Daya Ingat
source: https://www.pixabay.com

Dalam satu penelitian menunjukkan bahwa pemberian 30 mg safron sehari memperlihatkan peningkatan kondisi pasien Alzheimer. Namun yang perlu diingat, konsumsi saffron dalam dosis besar dapat mengakibatkan kematian, selalu konsultasikan pada dokter saat hendak mengkonsumsinya ya!

baca juga

4. Mencerahkan Kulit

4. Mencerahkan Kulit
source: https://www.pixabay.com

Untuk mendapatkan manfaat saffron sebagai pencerah kulit, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menggunakan saffron yang telah direndam bersama susu selama dua jam sebagai masker. Atau dengan cara menaburkan beberapa helai safron dalam air mandi hangat kamu. Sebelum digunakan untuk mandi biarkan terendam dalam air selama 20 menit dulu ya!

5. Membantu Mengatasi Jerawat

5. Membantu Mengatasi Jerawat
source: https://www.pixabay.com

Ada banyak bahan dari alam yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Selain tea tree maupun centella asiatica kamu juga dapat menggunakan saffron. Kandungan anti jamur pada sffron dapat membantu mengobati jerawat, noda dan komedo.

6. Mengatasi Kulit Kusam

6. Mengatasi Kulit Kusam
source: https://www.pixabay.com

Untuk mengusir kusam dari kulit wajah, tambahkan 2-3 helai saffron ke dalam 1 sdt air. Biarkan hingga semalam. Keesokan paginya ketika air telah menguning, tambahkan 1 sdt susu, 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa serta sedikit gula. Gunakan racikan ini sebagai masker. Biarkan mengering sekitar 15 menit sebelum dicuci bersih. Masker ini dapat menyegarkan kulit yang kusam serta dapat menghilangkan mata panda kamu. Selain itu, masker ini pun dapat membantu eksfoliasi kulit dengan cara melancarkan sirkulasi darah, sehingga kulit kamu akan halus dan bercahaya.

7. Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

7. Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok
source: https://www.pixabay.com

Salah satu manfaat lain saffron adalah membantu mencegah rambut rontok. Kandungan antioksidan dalam saffron membantu memperbaiki foliker rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.