Ladies, sudah sering kita merasa sangat lemas terutama pada siang hari ketika berpuasa. Akibatnya, banyak aktivitas dilakukan kurang maksimal dan cenderung bermalas-malasan. Nah, bagaimana jika kita sudah berencana mudik tapi takut lemas di jalan? Cara mengantisipasinya dengan sahur sehat ala Beautynesia di bawah ini.

1. Porsi Makan yang Wajar

Ladies, banyak orang berfikir, makan dengan porsi lebih dapat mengatasi rasa lemas saat berpuasa. Nyatanya, banyak diantara kita malah merasa malas dan mengantuk. Usahakan makan dengan porsi sewajarnya dan yang terpenting bergizi. Bila perlu, terapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna.
1.	Porsi Makan yang Wajar
baca juga

2. Konsumsi Makanan Berkabohidrat Kompleks

Saat sahur, selain mengukur porsi makan, juga perlu mempertimbangkan nilai gizi yang terkandung dalam menu makanan. Mulailah mengonsumsi menu makanan berkarbohidrat kompleks dan kaya protein seperti nasi, telur, dan ikan laut. Sebab, jenis makanan tersebut lambat dicerna usus sehingga dapat menyimpan cadangan energy untuk tubuh. Hindari makanan berlemak dan pedas.
2.	Konsumsi Makanan Berkabohidrat Kompleks

3. Menikmati Makanan

Bagi sebagian orang, bangun jam 3 pagi untuk makan tidaklah mudah. Seringkali, kita bangun terlambat dan mepet waktu subuh. Otomatis, saat makanpun harus dipercepat sehingga kurang bisa merasakan nikmatnya hidangan sahur. Nah ladies, ternyata makan terburu-buru dapat mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, tubuh menjadi cepat lapar dan mudah lemas.
3.	Menikmati Makanan
baca juga

4. Minum Air Putih yang Banyak

Air putih selain murah juga banyak manfaatnya ladies bagi kesehatan tubuh. Agar tubuh tetap fit, segar dan bugar minumlah air putih yang banyak saat sahur dan berbuka puasa. Air putih juga dapat mencegah dehidrasi dan kulit kering.
4.	Minum Air Putih yang Banyak

5. Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Nah ladies, rasa kantuk tak tertahankan seringkali membuat kita merasa ingin cepat-cepat tidur setelah makan sahur. Hindari kebiasaan tersebut, sebab, energy dalam tubuh akan terbuang sia-sia. Pada saat bangun tidur pasti kamu akan merasa tambah lemas dan sangat lapar.
 
5.	Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur
Meski sebentar lagi lebaran, tidak ada salahnya mempelajari tips sahur sehat di atas agar tidak lemas saat berpuasa Ramadan ataupun puasa sunnah yang lain.