Alihkan Perhatian ke Luar Jendela


Saat naik kendaraan, tubuh akan cenderung merasa pusing dan mual karena pandangan terfokus pada sesuatu yang diam di dalam kendaraan. Hal ini diakibatkan oleh ketidaksesuaian informasi yang diterima otak dari tubuh yang merasakan gerak dan dari pandangan mata yang terfokus pada objek diam. Untuk itu, cobalah memfokuskan pandangan ke objek-objek bergerak di luar jendela agar terhindar dari gejala-gejala mabuk kendaraan saat di perjalanan.

6 Tips Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Kendaraan
source: https://hellorf.com

Hindari Membaca Buku atau Bermain Gadget


Untuk menghilangkan kejenuhan saat di perjalanan, banyak orang yang memilih membaca buku atau bermain gadget di dalam kendaraan. Padahal seperti penjelasan sebelumnya, berkonsentrasi pada 1 titik visual dalam mobil justru dapat memicu timbulnya rasa pusing yang kemudian disusul dengan mual dan perasaan ingin muntah. Jika ingin menghibur diri di tengah perjalanan, sebaiknya lakukan hal-hal lain seperti mendengarkan audiobook atau mengobrol dengan teman di sebelah. 

6 Tips Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Kendaraan
source: https://depositphotos.com/
baca juga

Temukan Posisi Nyaman


Duduk dalam posisi yang rileks ketika dalam kendaraan akan sangat membantumu terhindar dari mabuk kendaraan. Terlebih jika perjalananmu memakan waktu lama, kenyamanan adalah hal nomor satu. Jika perlu, bawa bantal leher saat hendak mudik agar kamu tetap rileks selama di perjalanan. Jangan lupa gunakan pula pakaian yang nyaman dan berbahan adem!
6 Tips Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Kendaraan

Sesekali, Buka Kaca Jendela untuk Dapatkan Udara Segar


Jika kamu mudik menggunakan mobil, cobalah sesekali membuka jendela untuk mendapatkan udara segar, terutama saat mobil melewati daerah yang bebas polusi. Hal ini dapat membantu menjernihkan sirkulasi udara di dalam mobil yang mana merupakan salah satu cara jitu untuk memcegah terserang mabuk kendaraan. 

6 Tips Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Kendaraan
source: https://self.com/
baca juga

Hindari Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak


Baik sesaat sebelum berangkat maupun saat dalam kendaraan, hindari mengonsumsi makanan pedas dan berminyak secara berlebihan. Kedua jenis makanan ini dapat berpengaruh pada kondisi fisikmu sehingga kamu akan lebih rentan merasakan pusing dan mual saat dalam kendaraan. Sebaiknya pilih makanan ringan dan rendah lemak supaya mudik tetap lancar tanpa gangguan mabuk kendaraan.
6 Tips Ampuh agar Terhindar dari Mabuk Kendaraan
source: https://time.com

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mencegah mabuk kendaraan saat dalam perjalanan mudik. Bila perlu, minum obat anti mabuk kendaraan paling tidak 30 menit sebelum berangkat. Selamat mudik, liburan Ladies!