Jerawat memang sebuah masalah. Namun ketika jerawat sembuh, another problem comes.  Kamu mungkin frustrasi dengan tanda merah atau gelap alias noda bekas jerawat yang tertinggal di kulit. Tapi jangan putus asa, karena ini hanya reaksi tubuh terhadap peradangan sebelumnya. Walau noda bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat lebih cepat dengan menggunakan beberapa tips perawatan kulit berikut ini. 

Langkah 1: Bersihkan Jerawat

membersihkan kulit berjerawat
Source: http://www.verywellhealth.com/

Gunakan pembersih lembut pada kulit setiap pagi dan malam serta oleskan krim untuk mengeringkan noda jerawat. Jika belum berhasil, kunjungi dokter kulit untuk mengobati jerawat secara profesional. Tidak peduli seberapa ringan atau seberapa parah jerawatmu, penting untuk memiliki kulit yang bebas noda sebelum berusaha membersihkan hiperpigmentasi. Jika tidak, kamu hanya mengulangi proses yang sama berulang kali tanpa banyak hasil.
 

baca juga

Langkah 2: Eksfoliasi

memakai toner
Source: http://www.pinterest.com/

Eksfoliasi kulitmu dengan toner setiap hari. Gunakan formula bebas alkohol untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu kulit lebih sehat dan segar di bawahnya tanpa mengeringkan wajah. Semakin cepat sel kulit mati mengelupas, semakin cepat noda bekas jerawat alias hiperpigmentasi akan memudar.
 

Langkah 3: Gunakan Lemon

lemon untuk wajah
Source: http://www.amabie.com/

Oleskan jus lemon pada kulit. Potong lemon segar dan oleskan sedikit jus segar ke area kulit bekas noda jerawat atau hiperpigmentasi. Ini akan membantu memutihkan bagian-bagian tersebut dan memungkinkannya untuk berbaur dengan warna kulit alami lebih cepat. Berhati-hatilah untuk membilas jus lemon setelah beberapa menit, karena asam sitrat berpotensi mengiritasi kulit.
 

baca juga

Langkah 4: Oil-Free Moisturizer

menggunakan pelembap
Source: http://www.self.com/

Gunakan pelembab bebas minyak setiap hari. Oleskan setiap pagi dan malam setelah pembersihan untuk menjaga kulit tampak sehat dan awet muda serta untuk membantu pengisian sel kulit yang tepat, yang merupakan kunci untuk memudarnya peradangan yang disebabkan oleh jerawat sebelumnya.
 

Langkah 5: Konsultasi Dokter

dokter kulit
Source: http://www.eucerin-me.com/

Temui dokter kulit. Jika solusi alami dan bebas resep tidak juga menghilangkan hiperpigmentasi, dokter kulit mungkin dapat meresepkan krim yang lebih kuat atau merekomendasikan perawatan lain, seperti operasi laser, untuk memperbaiki masalah tersebut.