Buat Kamu yang Naik Kendaraan Pribadi

1. Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang kamu naiki aman ya. Cara untuk mengetahuinya adalah memeriksa kondisi kendaraan secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal berbahaya yang akan terjadi saat dalam perjalanan. Selain itu dengan kita mengetahui kendaraan yang kita naiki dalam kondisi baik selama perjalanan membuat hati lebih tenang.

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Pribadi

2. Jangan Lupa Meluangkan Waktu untuk Beristirahat

Hal lain yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan waktu untuk beristirahat. Buat kamu yang menempuh perjalanan panjang untuk pulang ke kampung halaman, beristirahat disela-sela perjalanan wajib banget buat dilakuin. Waktu istirahat yang ideal adalah setiap 3 jam sekali. Jika diperlukan, kamu bisa beristirahat saat kantuk mulai terasa. Selain membuat kondisi badan tetap fit, tujuan istirahat selama perjalanan mudik adalah untuk menghindari rasa kantuk yang akan membahayakan saat menyetir.

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Pribadi
baca juga

3. Hindari Berangkat di Waktu Mendekati Lebaran

Kamu harus menghindari waktu keberangkatan mendekati Lebaran. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari kemacetan. Arus mudik terjadi beberapa hari jelang Lebaran. Nah jika kamu berangkat di waktu itu, maka kemungkinan besar kamu akan terjebak macet di beberapa ruas jalan. 

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Pribadi

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Umum

1. Jangan Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Kalau tadi untuk siapa saja yang mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi, kali ini buat siapapun yang naik kendaraan umum. Kendaraan umum yang dimaksud adalah minibus, bus, maupun kereta.

Tips pertama buat kamu adalah jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Memang bagi sebagian orang membawa uang tunai akan memudahkan, karena tujuan membawa uang tunai untuk dibagikan ke sanak saudara. Tapi hal ini justru dinilai berbahaya lho. Membawa uang tunai terlalu banyak bisa mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu memiliki kartu ATM, sebaiknya simpan uang yang akan dibawa ke kampung halaman ke dalam ATM saja ya. 

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Umum
baca juga

2. Jangan Menggunakan Perhiasan Terlalu Mencolok

Selain disarankan untuk tidak membawa uang tunai yang terlalu banyak, sebaiknya kamu juga jangan menggunaan perhiasaan yang terlalu mencolok. Perhiasaan yang dikenakan cenderung memancing orang-orang yang ingin melakukan hal yang tidak baik. Sebaiknya simpan perhiasaan kamu ke dalam tempat yang aman. Pakailah saat kamu sudah sampai di rumah. 

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Umum

3. Jaga Agar Pikiran Tidak Kosong

Last but not least, hal penting lain yang harus kamu terapkan selama berada di kendaraan umum adalah jaga pikiran agar tetap fokus dan tidak kosong. Pikiran yang kosong berpeluang untuk dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki niatan tidak baik, seperti hipnotis. Sebaiknya hindari kegiatan melamun. Ganti dengan kegiatan lain yang membuat kamu terus fokus. Kamu bisa membaca buku maupun menonton film agar kamu tetap fokus dan pikiran tidak kosong. 

Buat Kamu yang Naik Kendaraan Umum