Perkuat Niat


Perkuat Niat
Ladies mungkin bertanya-tanya, kenapa harus niat? Ya, segala sesuatu yang dilakukan dengan niat yang kuat akan mampu mensugesti diri untuk melakukan hal yang lebih baik. Untuk itulah, tips awal yang harus diterapkan adalah memperkuat niat. Dengan apa? Ingatlah keutamaan salat tarawih yang hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan. Selain itu, ingatlah bahwa segala amalan yang dilaksanakan pada bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang berlipat. Dengan begitu, secara tidak langsung, stamina yang dimiliki pun seolah-olah tersugesti untuk tetap prima.

Jangan Terlalu Banyak Makan Saat Berbuka


Jangan Terlalu Banyak Makan Saat Berbuka
Banyak yang mengibaratkan saat berbuka adalah ajang balas dendam akan haus dan lapar yang dirasakan pada siang harinya. Eits, tentu saja hal tersebut tidaklah baik. Islam telah mengajarkan untuk tidak berlebihan dalam segala sesuatunya, termasuk memakan maupun minum ketika waktu berbuka tiba. Selain itu, jika makan dan minum berlebihan, otomatis perut akan terasa begah dan stamina menjadi menurun. Malah, rasa kantuk akan muncul lebih awal. Untuk itulah, makan secukupnya untuk mendapatkan stamina prima saat tarawih.
baca juga

Sempatkan untuk Tidur Siang


Sempatkan untuk Tidur Siang
source: https://www.inlifehealthcare.com/2016/07/21/afternoon-sleep-good-bad-habit-health/
Salat tarawih pada malam hari memang berlangsung dalam hitungan jam. Untuk itulah, antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan menyempatkan diri untuk tidur siang. Hal ini akan membuat rasa kantuk pada malam harinya lebih berkurang. Selain itu, tidur siang juga bisa memperkuat stamina tubuh.

Mengambil Air Wudu


Mengambil Air Wudu
source: https://www.bernas.id/58220-tak-pernah-terpikir-untuk-menjaga-wudhu-ini-penting-anda-ketahui.html
Stamina yang menurun biasanya diikuti oleh rasa kantuk. Untuk itulah, perlu cara cepat untuk mengatasinya ketika hal ini terjadi dalam salat tarawih. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil air wudu. Air yang membasahi muka secara otomatis membuat nuansa lebih segar dan menghilangkan kantuk seketika. Dengan demikian, stamina pun bida didongkrak.
baca juga

Jauhi Kipas Angin dan AC


Jauhi Kipas Angin dan AC
source: https://www.inlifehealthcare.com/2016/07/21/afternoon-sleep-good-bad-habit-health/
Berikutnya, tips bisa diterapkan adalah menjauhi AC dan juga kipas angin. Saat melaksanakan salat ke masjid, tentu ada bagian-bagian tertentu yang membuat jamaah harus dekat dengan AC maupun kipas angin. Untuk menjaga stamina tetap prima dan terhindar dari rasa kantuk, maka sebaiknya jauhilah AC dan juga kipas angin. Pilihlah tempat yang tidak terlalu dekat dengan AC maupun kipas angin.

Tahanlah Napas Ketika Sujud


Tahanlah Napas Ketika Sujud
source: http://nusantarakini.com/2017/01/07/marifat-dulu-shalat-khusyu-kemudian/
Nah, tips yang keenam, tahanlah napas ketika sujud. Ya, tidak bisa dipungkiri, posisi sujud bisa meningkatkan rasa kantuk. Stamina pun terasa berkurang dan akhirnya tidak prima lagi dalam menjalankan tarawih. Untuk itulah, menahan napas ketika sujud akan menghindarkan dari rasa kantuk. Cobalah.