1. Jangan Gunakan Primer Terlalu Banyak

1. Jangan Gunakan Primer Terlalu Banyak
source: http://contentinjection.com/womens-guide-to-looking-better-with-the-use-of-primer-makeup/
Gunakan primer secukupnya tanpa membuat lapisan yang terlalu tebal pada wajah. Penggunaan primer yang terlalu banyak dapat membentuk gumpalan-gumpalan kecil setelah pengaplikasian foundation. Hanya dengan satu tetes primer sudah mampu memberikan efek yang maksimal.

2. Cobalah Tinted Primer

2. Cobalah Tinted Primer
source: http://beauty.blog.nl/beauty-tips/2014/07/30/peace-porien-tot-ziens-glans
Tinted primer atau yang bisa disebut juga dengan primer 'berwarna' dapat membantu meratakan dan memaksimalkan warna kulit. Warna light pink dalam primer dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Sedangkan nuansa ungu di dalam primer dapat mencerahkan tampilan kulit yang pucat. Jika memiliki permasalahan kemerahan pada wajah, tinted primer dengan kandungan warna hijau dapat membantu menetralkannya.
baca juga

3. Gunakan Moisturizer Sebelum Primer

3. Gunakan Moisturizer Sebelum Primer
source: http://stylecaster.com/beauty/can-you-over-moisturize/
Menggunakan pelembab sebagai awal dari rutinitas makeup merupakan hal yang penting. Pelembab dapat membuat kulit wajah terlihat lebih halus, membuat makeup tahan lama, dan memaksimalkan produk apapun yang diaplikasikan pada wajah.

4. Beri Perhatian Lebih untuk Area Mata

4. Beri Perhatian Lebih untuk Area Mata
source: http://www.sterlingminerals.com/mineral-makeup-foundation-is-use-of-a-primer-necessary/
Primer juga dapat diaplikasikan pada area sekitar mata dan pada bagian kelopak mata, karena primer bersifat three-in-one. Mencegah agar makeup tidak mudah luntur dan tahan lama dengan menyerap minyak berlebih, menyamarkan kerutan di sekitar mata (jejak kaki gagak), dan menetralkan kemerahan pada kulit.
baca juga

5. Oleskan Primer Pada Bibir

5. Oleskan Primer Pada Bibir
source: http://puteri.net.my/the-top-10-beauty-mistakes-youre-making-with-your-makeup/
Mengoleskan lip primer pada bibir dapat mencegah agar lipstik tidak masuk ke dalam lipatan atau garis halus di sekitar bibir (feathering). Jika kamu tidak memiliki lip primer, kamu juga bisa menggunakan primer yang ditujukan untuk pengaplikasian pada wajah.

6. Campurkan Primer dan Cream Foundation

6. Campurkan Primer dan Cream Foundation
source: http://www.sculptcosmetics.com/the-sculpt-blog/the-ultimate-low-cost-foundation
Salah satu alternatif penggunaan primer adalah dengan mencampurkannya dengan cream foundation. Hal ini dapat membuat tampilan foundation lebih ringan di wajah. Selain itu, cara ini dapat memperthankan coverage foundation lebih lama tanpa memberi kesan cakey pada wajah.

7. Kurangi Produk Anti-Acne

7. Kurangi Produk Anti-Acne
source: http://www.coverfx.com/mattifying-primer-with-anti-acne-treatment-15ml.html
Penggunaan produk yang berfungsi untuk melawan jerawat terlalu banyak dapat menimbulkan peradangan atau iritasi. Oleh karena itu, perhatikan juga kandungan yang terdapat pada primer. Jika primer memiliki bahan-bahan anti-acne, sebaiknya hindari pemakaian produk lainnya yang memiliki kandungan yang sama.

8. Maksimalkan Bulu Mata Dengan Primer

8. Maksimalkan Bulu Mata Dengan Primer
source: http://www.marykay.com/en-US/Mary-Kay-Lash-Primer/130902.partId?v33=You+May+Also+Like#js
Gunakan eyelash primer sebelum penggunaan maskara agar bulu mata tampak lebih tebal dan panjang. Eyelash primer biasanya mengandung formula yang dapat membantu memperkuat tiap helai bulu mata, menebalkan, memberi nutrisi, serta membuat base yang sempurna untuk maskara yang akan digunakan.