Nasi Merah

source: news.ralali.com

Nasi putih memang mengenyangkan, tapi mungkin akan mengganggu program dietmu. Karena itu, ganti menu nasi putih dengan nasi merah yang kaya akan serat dan rendah kalori. Kandungan karbohidrat kompleks dalam nasi merah juga akan membuat kamu kenyang lebih lama. Siap beralih ke nasi merah?

Kacang-Kacangan + Daging Sapi + Sayur

source: merries.co.id

Lemak dalam kacang adalah lemak baik. Daging sapi mengandung protein yang tinggi. Sayur memiliki serat yang bagus untuk pencernaan. Dan, ketiganya bisa bikin kenyang tahan lama. Untuk itu, gabungkan ketiga bahan makanan ini dengan membuat menu sup kacang merah. Selain itu, menu yang hangat dan segar ini tentunya memancing nafsu makan saat sahur. 
 

baca juga

Salmon

source: mccormick.com

Ikan salmon tidak dapat disangkal lagi memang penuh dengan nutrisi. Protein, vitamin, dan mineral, semuanya lengkap ada di dalamnya. Selain itu, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang bagus untuk fungsi otak. Nah, salmon panggang nikmat disantap saat sahur, nih. Panggang ikan salmon dengan olesan madu, air perasan jeruk lemon, garam, lada hitam, dan minyak sayur. Makin sehat lagi jika disajikan dengan tumisan brokoli atau salad. Yummy!
 

Telur

source: vanessaputri01.blogspot.com

Tingginya kandungan protein dalam telur akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Paling mudah disajikan dalam bentuk telur rebus. Kalau mau yang agak beda, masaklah telur bersama kentang yang merupakan salah satu sumber karbohidrat. Paduan kentang dan telur akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Menu yang bisa kamu coba yaitu kentang goreng telur ceplok. Kocok putih telur bersama parutan kentang dan wortel yang sudah direbus. Tambahkan potongan halus daun bawang, garam, dan merica, lalu goreng adonan dalam teflon. Bentuk bulat dan beri lubang di tengah seperti donat, untuk kemudian diisi dengan kuning telur mentah di tengahnya. Goreng sampai matang. Sajian istimewa kentang dan telur pun siap disantap untuk sahur.
 

baca juga

Alpukat + Roti Gandum

source: thespruceeats.com

Sulit menolak buah yang satu ini. Dibalik rasanya yang unik, alpukat memiliki lemak baik dan serat tinggi yang bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kenaikan gula darah. Alpukat juga membuat kenyang lebih lama, demikian pula dengan roti gandum. Padukan keduanya dengan membuat avocado toast sebagai menu makan sahur yang cepat dan elegan.
 

Kurma

source: freepik.com

Selain baik dimakan pada waktu buka puasa, kurma juga baik untuk disertakan dalam makanan sahur. Kurma dapat menjaga kadar gula darah. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu kamu kenyang lebih lama.
 

Yogurt
 

source: rumahcantikputri.blogspot.com

Yogurt cocok dikonsumsi saat sahur karena minuman susu fermentasi ini kaya kalsium dan vitamin D serta mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat di usus. Yogurt juga merupakan sumber protein yang baik untuk melancarkan metabolisme.

Nah, menu makan sudah oke, jangan lupa penuhi juga kebutuhan dengan minum air putih. Buah-buahan yang tinggi kandungan air seperti semangka, mentimun, tomat, dan jeruk juga bagus untuk hidrasi.