Islandia (22 Jam)

Islandia (22 Jam)
source: https://cdn.tourcms.com/a/5981/3/1/large.jpg
Negara Islandia terkenal dengan alamnya yang indah dan juga udaranya yang dingin. Tapi jika kamu memiliki rencana untuk pindah ke negara ini, siap-siap untuk berpuasa sekitar 22 jam ya, ladies. Hal tersebut menjadikan Islandia ini sebagai negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia.

Dilansir dari situs Muslim Pro, pada hari pertama puasa waktu Subuh di Islandia adalah pukul 02:27 sedangkan waktu matahari terbenamnya adalah 22:45. Duh, kebayang enggak sih, ladies, bisa puasa sampe satu hari penuh?

Swedia (20 Jam)

Swedia (20 Jam)
source: https://assets3.thrillist.com/v1/image/2706821/size/gn-gift_guide_variable_c.jpg
Ladies, selain Islandia warga negara muslim di Swedia juga menghadapi tantangan yang sama ketika memasuki bulan ramadan, yaitu hampir 20 jam. Durasi waktu berpuasa di Swedia membuatnya masuk ke dalam kategori negara dengan waktu puasa terpanjang. Di negara Swedia puasa dimulai pada pukul 02.36 dan berakhir pada pukul 21.58.

Populasi muslim di Swedia sendiri hanya berjumlah 5%, jadi tantangan yang dihadapi tak hanya dari segi waktu saja, tapi juga masyarakatnya yang sebagian besar tidak melaksanakan puasa. Kira-kira kalau kamu pindah ke negara ini, kamu bisa menahan lapar hingga 20 jam, ladies?
baca juga

Inggris (19 Jam)

Inggris (19 Jam)
source: https://r.hswstatic.com/w_907/gif/UK-Britain-1.jpg
Selain Jerman, Inggris juga merupakan negara dengan puasa terpanjang. Meski jauh lebih cepat dari Islandia dan Finlandia, tetapi waktu puasa di Inggris dalam satu hari hampir 19 jam.

Selain negara bagian utara Eropa, seperti Islandia dan Swedia ternyata Inggris yang berada di bagian Barat juga menghadapi tantangan yang sama loh, ladies. Di negara yang dikenal karena keramahannya ini memiliki waktu puasa sekitar 19 jam lamanya. Waktu sahur mulai pada pukul 2.48 sedangkan waktu berbuka puasa dimulai pada jam 9.24 malam. Solat terawihnya sendiri akan dimulai pada pukul 11.03 malam.

Kanada (18 Jam)

Kanada (18 Jam)
source: https://s3.amazonaws.com/fjwp/blog/wp-content/uploads/2017/03/30044637/Flexible-Jobs-in-Montreal-Canada-Hiring-Now.jpg
Selanjutnya adalah negara yang bersebelahan langsung dengan Amerika Serikat, Kanada. Di sana kamu akan makan sahur pada pukul 3 pagi, memang enggak jauh berbeda dengan Indonesia. Tapi bedanya, di Kanada kamu harus menahan rasa lapar dan haus selama 18 jam lamanya.

Tapi tenang, ladies, populasi umat muslim di Kanada bisa dibilang cukup banyak. Kanada ini bahkan menjadi salah negara yang paling menghormati umat muslim dalam melaksanakan puasa. Jadi kalau kamu berencana untuk pindah atau belajar di Kanada, kamu enggak akan merasa sendirian kok.
baca juga

Turki (16,5 Jam)

Turki (16,5 Jam)
source: https://cdn.winsightmedia.com/platform/files/public/2018-07/background/Turkey-Country-Report_1532720642.jpg
Menjalankan puasa di negara yang memiliki populasi umat muslim hingga 96,4 % bukanlah hal yang sulit. Tapi bagaimana jika kamu harus menahan rasa lapar, haus, dan juga hasrat marahmu dalam waktu 16,5 jam? Turki memulai waktu sahurnya di sekitar jam 3 pagi, bedanya dengan Indonesia adalah waktu berbuka puasa. Negara ini akan membatalkan puasanya pada jam 8 malam, ladies.

Pada kenyataannya walaupun terlihat lama, tantangan yang akan kamu hadapi tidaklah sesulit umat muslim yang ada di Eropa Utara atau Arctic yang notabene memiliki jam puasa lebih lama dari negara lainnya. Tapi dengan sederet makanan yang super yummy di Turki, pasti kamu enggak akan pernah merasa berat deh puasa di negara ini.