Kandungan Nutrisi Wortel

Sebelum membahas tentang manfaat wortel, ada baiknya kita bahas dulu nutrisi-nutrisi apa saja yang terkandung dalam wortel.

Wortel merupakan makanan yang kaya nutrisi dan penuh manfaat. Menurut data Kemenkes RI, dalam 100 gram wortel segar, Anda bisa memanfaatkan 80% umbinya. Berikut beberapa kandungan nutrisi dari wortel yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Makronutrien

  • Air (Water) : 89.9 g
  • Energi (Energy) : 36 Kal
  • Protein (Protein) : 1.0 g
  • Lemak (Fat) : 0.6 g
  • Karbohidrat (CHO) : 7.9 g
  • Serat (Fibre) : 1.0 g

Mineral

  • Kalsium (Ca): 45 mg
  • Fosfor (P): 74 mg
  • Zat Besi (Fe): 1,0 mg
  • Sodium (Na): 70 mg
  • Kalium (K): 245,0 mg
  • Tembaga (Cu): 0,06 mg
  • Seng (Zn): 0,3 mg

Vitamin dan antioksidan

  • Beta-Karoten (Carotenes): 3,784 mcg
  • Total Karoten (Re): 7.125 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,04 mg
  • Niasin (Niasin): 1,0 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 18 mg
Kandungan Nutrisi Wortel
source: https://hellosehat.com/

Wortel memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya:

  • Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.
  • Alpha karoten.  Selain beta karoten, umbi dengan beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alpha karoten.
  • Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan sangat banyak mengandung lutein. Ini merupak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Lycopene dan antosianin. Sayuran dan buah yang berwarna merah memiliki banyak lycopene dan antisionin, termasuk wortel merah dan ungu.  Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Polyacetylenes: Penelitian terbaru telah mengidentifikasi senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi kesehatan sel darah.
Nah, sekarang kalian sudah tahukan nutrisi apa saja yang terkandung dalam wortel? Yuk sekarang kita bahas tentang manfaat wortel!
 

Berpotensi Mencegah Kanker

Berpotensi Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan. Hampir semua bagian tubuh kalian bisa terkena kanker, mulai dari bagian terluar yaitu kulit hingga organ dalam, seperti hati. Penyakit ini menyebabkan sel sehat menjadi tumbuh dan berkembang secara tidak normal. Seiring waktu dapat menyebar jaringan sehat lainnya, hingga bermetastasis ke bagian tulang, paru, dan otak Anda.

Berdasarkan banyak studi, kandungan nutrisi wortel dapat melindungi kalian dari kanker. Salah satunya karena umbi ini memiliki antioksidan di dalamnya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya potensi wortel untuk mencegah berbagai jenis kanker, seperti:

  • Kanker paru

Sebuah studi melaporkan bahwa adanya manfaat beta karoten yang ada pada wortel dengan pengembangan risiko kanker paru. Antioksidan ini disebut mampu mencegah terbentuknya kanker di paru. Hanya saja bukan dalam bentuk suplemen, melainkan dari sayur dan buah, contohnya wortel.

Ini akan semakin efektif jika orang yang berisiko juga menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi paparan zat kimia yang mengiritasi paru-paru, dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat lagi.

  • Kanker darah (leukimia)

Selain memiliki manfaat untuk mencegah kanker paru-paru, penelitian juga melaporkan potensi wortel dalam mencegah penyakit kanker darah. Wortel yang mengandung agen, seperti beta karoten dan poliasetil dapat dijadikan sumber bahan kimia bioaktif yang sangat baik untuk pengobatan leukemia.

  • Kanker usus

Sebuah studi yang diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan manfaat wortel. Kandungan beta karoten, likopen, dan antioksidan lain yang juga ada pada bayam, brokoli, atau dan selada ini dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar jika dikonsumsi secara rutin.
 

baca juga

Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Wortel mengandung serat, kalium, dan lengkap dengan antioksidan seperti lycopene. Nah, kedua nutrisi ini dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel juga tidak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah. Manfaat wortel ini akan didapatkan jika kalian mengonsumsi wortel dan sayuran serta buah lainnya yang masih segar, bukan yang sudah dikemas (sayur atau buah kaleng). Bila tekanan darah kalian tetap terjaga, itu artinya kalian terhindar dari hipertensi dan penyakit jantung.
 

Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga Kesehatan Mulut

Gigi berlubang merupakan keluhan yang paling umum dirasakan banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini terjadi karena gigi dipenuhi plak sehingga jadi mudah rapuh. Untuk itu, kalian perlu menjaga kebersihan gigi supaya tetap sehat.

Selain menggosok gigi, makan sayuran tertentu ternyata juga dapat melindungi gigi. Mengunyah wortel, seledri, dan sayuran berserat dan kuat lainnya ternyata dapat merangsang otot gusi jadi lebih kuat. Hal ini juga membantu produksi air liur jadi lebih banyak sehingga dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel. Wortel juga mengandung beta karoten yang diperlukan untuk membangun gigi yang kuat.
 

baca juga

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Maka dari itu, banyak orangtua yang sengaja mengenalkan makanan ini pada anak saat usianya masih kecil.  Manfaat wortel ini dapat membantu mencegah gangguan pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme, dan hipermetropi).

Masalah pada mata memang tidak menyebabkan kematian. Namun, bisa membuat kualitas hidup seseorang jadi menurun dan tentunya berisiko juga menyebabkan kecelakaan yang berakhir dengan kematian.
 

Menjaga Kesehatan Otak

Semakin bertambah tua, kemampuan dan fungsi otak akan mengalami penurunan. Itulah sebabnya banyak orang dewasa dan orangtua yang mudah sekali lupa dan lambat dalam mempelajari hal baru. Salah satu masalah pada otak yang rentan menyerang lansia adalah demensia.

Menjaga Kesehatan Otak

Penyakit ini disebabkan oleh stres oksidatif yang menyebabkan sel otak dan saraf tidak dapat beregenerasi dengan baik. Nah, wortel yang mengandung beta karoten dipercaya dapat menurunkan stres oksidatif. Meski dalam jumlah kecil, ini membuktikan bahwa wortel dapat menjaga fungsi otak.

Nah ladies, sebenarnya masih banyak banget fungsi wortel untuk kesehatan tubuh kita. Tapi 5 manfaat di atas adalah 5 manfaat yang kalian wajib banget tahu. Untuk kalian yang tidak suka wortel, coba kali ini beranikan diri kalian untuk mencoba makan wortel, karena banyak banget manfaat yang kalian akan dapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara rutin. Semangat!