Gunakan Sebelum Keluar Ruangan

Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen membutuhkan waktu 15 menit untuk menyerap ke dalam kulit. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakannya sebelum memutuskan untuk keluar ruangan. NHS mengatakan kamu harus menggunakan sunscreen 30 menit di awal sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar pergi dan beraktivitas di luar ruangan dengan waktu yang lama.

Namun, hal tersebut hanya berlaku pada chemical sunscreen dan tidak pada physical sunscreen. Chemical sunscreen membutuhkan waktu agar bahan kimia yang ada di dalamnya dapat diproses di kulit. Namun physical sunscreen langsung dapat bekerja karena membentuk lapisan khusus yang bisa melawan dan memantulkan kembali matahari.
Meskipun begitu, banyak orang yang tetap menggunakan sunscreen kimia karena hasilnya yang tidak menimbulkan whitecast dan cepat menyerap pada kulit.

Gunakan Sebelum Keluar Ruangan


 

Pilih SPF yang Benar

Setidaknya diperlukan SPF 15 untuk memblokir sinar UVB yang akan terkena pada kulit, dan diperlukan Bintang 4 untuk bisa melawan sinar UVA yang lebih tinggi. Semakin tinggi SPF yang kamu gunakan, maka semakin besar perlindungan sinar UVB yang kamu dapatkan. SPF 15 diketahui dapat melindungi kita dari 93% sinar matahari yang mengenai kulit kita. Jadi pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF yang tinggi agar perlindungannya juga semakin tinggi pada kulitmu.

Pilih SPF yang Benar


 

baca juga

Jangan Lupa Re-apply Sunscreen

Re-apply atau mengoleskan kembali sunscreen sangatlah penting. Re-apply yang dilakukan minimal setiap 2 jam sekali dan jika kamu selesai berenang, terkena keringat, kamu harus mengoleskan ulang secepatnya. Meskipun di dalam produk sunscreen disebutkan bahwa sunscreen tersebut water-resistant atau tahan air, sebaiknya kamu tetap re-apply untuk memastikan perlindungan pada kulitmu.

Jangan Lupa Re-apply Sunscreen


 

Jangan lupa selalu menggunakan sunscreen ya, ladies!