Apa sih itu granola? Granola adalah makanan ringan yang terdiri dari gandum (oats) gulung, kacang-kacangan, madu, pemanis, buah kering, chia seed, dan campuran lainnya yang bisa kamu tambahkan. Granola bisa menjadi salah satu makanan diet yang ringan yang bisa kamu coba. Biasanya granola dimasak dengan cara dipanggang hingga renyah sampai berwarna kecoklat-coklatan. Namun, jika.kamu tidak memiliki alat panggangan dirumah, kamu bisa membuat granola tanpa oven loh. Yuk intip resepnya selengkapnya.

Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana yakni:
-1 1/4 cangkir oats instan
-1 cangkir campuran sereal kuno (berisi oata dan juga biji-bijian)
-1/4 cangkir kelapa parut tanpa gula
-1/4 pistachio tawar cincang
-1/2 sendok teh ekstrak vanila
-1/4 sendok teh garam
-1/3 vangkir cream selai kacang
-1/4 cangkir madu
- cooking spray
-Buah kurma secukupnya
 

Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
baca juga

Langkah Kedua

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan tersebut, campurkan seluruh bahan-bahan tersebut ke dalam salah satu wadah besar, masukkan garam secukupnya atau sesuai selera, lalu aduk hingga merata secara sempurna.

Langkah Kedua

Langkah 3

Masukkan cream peanut butter, madu, dan juga kurma kedalam panci lalu panaskan diatas api yang sedang. Masak hingga 3 menit sampai seluruh bahan-bahan meleleh dengan sempurna.

Langkah 3
baca juga

Langkah 4

Tuangkan campuran peanut butter yang sudah dilelehkan tersebut keatas oat yang sudah dicampur sebelumnya, aduk hingga merata secara sempurna. Siapkan loyang berbentuk persegi lalu semprot dengan cooking spray. Setelah itu, masukkan campuran oats tadi kedalam loyang dan tebarkan dengan rata sambil menekan-nekan oat agar padat.

Masukkan kedalam freezer hingga 10 menit. Setelah itu, keluarkan dan potong granola sesuai dengan selera. Granola siap disajikan.

Langkah 4

Kamu bisa menggunakan buah lain selain kurma, seperti cranberries kering, blueberries kering, dan juga bisa menambahkan biji-bijian yang lebih bervariasi seperti biji bunga matahari, chia seed, dan banyak lagi.

Nah, ternyata membuat granola tanpa panggang mudah kan ladies? Yuk cobain di rumah!