1. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman


Ladies, agar terhindar dari bau mulut, jangan makan dan minum sembarangan. Hindari makanan yang berbau menyengat seperti pete/jengkol, durian, bawang, dan lain-lain. Makanan dan minuman yang terlalu manis juga harus dihindari, karena kuman atau bakteri berkembang biak lebih pesat bila dalam mulut tersisa banyak gula atau glukosa.
1.	Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

2. Banyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka Puasa


Saat berpuasa, kondisi mulut cenderung kering. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab bau mulut. Untuk menghindarinya, yuk konsumsi banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa. Selain dapat mencegah bau mulut, air putih juga berguna mencegah dehidrasi dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.
2.	Banyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka Puasa
baca juga

3. Berkumur dengan Air Garam atau Mouth Wash Sebelum Tidur


Larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air. Berkumurlah dengan larutan air garam tersebut selama 30 detik dan buang. Jangan ditelan ya! Larutan air garam bekerja seperti antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri/kuman penyebab bau mulut. Untuk cara yang lebih praktis, kamu dapat menggunakan mouth wash yang banyak dijual di toko terdekat.
3.	Berkumur dengan Air Garam atau Mouth Wash Sebelum Tidur

4. Makanlah Buah Jeruk/Jus Lemon Saat Sahur dan Berbuka Puasa


Ladies, selain mengandung vitamin C yang berguna untuk kesehatan kulit, buah jeruk juga diklaim dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tetap dalam kondisi stabil tidak kering. Semakin kering kondisi mulut, maka, semakin tinggi beresiko bau mulut.
4.	Makanlah Buah Jeruk/Jus Lemon Saat Sahur dan Berbuka Puasa
baca juga

5. Sikat Gigi Secara Teratur !


Walaupun berpuasa, tetapi jangan malas menyikat gigi secara menyeluruh hingga menjangkau sela-sela gigi pada saat sahur dan berbuka puasa. Jika gigimu berlubang, lebih baik pergi ke dokter gigi untuk dicabut atau ditambal. Sebab, gigi berlubang menjadi sarang kuman penyebab bau mulut.
5.	Sikat Gigi Secara Teratur !

6. Bersihkan Lidah


Selain gigi, lidah juga dapat menjadi sarang kuman/bakteri. Maka bila perlu, kamu dapat menyiapkan alat pembersih lidah yang banyak di jual di toko. Gunakan saat nafas mulai terasa tidak sedap. Namun, kamu harus tetap menjaga kondisi alat selalu higenis.
 
6.	Bersihkan Lidah

Nah ladies, tips mudah di atas dapat kamu terapkan untuk mencegah bau mulut agar tidak minder saat beraktivitas di bulan Ramadan. Selamat mencoba!