1. Cukup Tidur


Hal utama yang perlu diperhatikan agar tetap produktif di bulan puasa adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Tidurlah dalam waktu yang tetap sekitar 7-8 jam per hari. Memang, aktivitas sahur yang dilakukan selama puasa dapat mengubah ritme waktu tidur kita. Untuk menghadapi hal tersebut tidurlah lebih cepat dari biasanya. Lekas tidur setelah menjalankan ibadah sholat tarawih. Hindari bermain gadget atau melakukan aktivitas yang kurang penting lainnya. 

Bisa juga memanfaatkan jam istirahat dengan tidur siang di kantor (power nap). Bagi sebagian orang mengakui, menjelang siang hari energi tubuh berkurang. Untuk mengisi ulangnya gunakan saja waktu 10-30 menit untuk tidur siang di bangku kerja. Agar lebih nyaman dengarkan musik-musik relaksasi.
 
source: https://medcitynews.com/uploads/2017/03/GettyImages-543703255.jpg

2. Perhatikan Pola Makan

Untuk tetap produktif selama berpuasa, jangan pernah melewatkan sahur dan buka puasa karena saat itu lah satu-satunya sumber tenaga saat seharian berpuasa. Pastikan untuk tidak pernah terlambat berbuka puasa karena bisa berdampak buruk pada tubuh kita. 

Selain itu konsumsilah makanan bergizi. Selalu konsumsi karbohidrat, sayur, buah-buahan dan lauk pauk. Bisa juga menambah susu sebagai sumber energi. Ingat yang tidak boleh ketinggalan, banyak-banyak mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi pada siang hari. 

 

source: https://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/50d4add13ca275833284813a754eded8.jpeg
baca juga

3. Buat Rencana Harian untuk Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Supaya semakin produktif, manajemen waktu sangat perlu dilakukan. Hal pertama bisa dengan membuat rencana harian untuk pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Bisa dikatakan semacam membuat sekala prioritas. Pastikan hal-hal penting dikerjakan lebih awal. 

 

source: https://tokoonline88.com/wp-content/uploads/2017/03/JP9901-2-1.jpg

4. Gunakan Waktu Produktif

Sebenarnya selama puasa waktu produktif kita adalah setelah sahur dan setelah buka puasa. Untuk ladies yang bekerja di kantor formal, gunakan waktu pagi hari untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat-berat dan butuh energi ekstra. Setelah jam istirahat baru selesaikan pekerjaan yang dianggap lebih ringan. 

Nah untuk yang bekerja freelance, ini lebih menguntungkan. Sebagian pekerjaan bisa dilakukan saat malam hari atau usai buka puasa. Akan tetapi sebaiknya jangan melewatkan waktu pagi setelah makan sahur karena saat itu juga termasuk waktu produktif. Istirahat bisa kita lakukan di siang hari saat energi mulai habis.