Proses luruhnya dinding pada rahim disertai dengan pendarahan yang disebut dengan menstruasi umumnya terjadi di dalam kurun waktu 5 hingga 7 hari. Siklus menstruasi yang baik adalah terjadi secara rutin dan teratur, sebulan sekali dan tidak jauh dari minggu bulan sebelumnya. Jadi, siklus menstruasi yang dialami setiap perempuan pasti berbeda-beda. Tidak mungkin setiap perempuan menstruasi bersamaan, memulai dan berakhir di waktu yang sama.
 
Namun, tahukah kamu bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur terjadi karena adanya suatu kondisi tubuh yang sedang kamu miliki? Penyebabnya bisa karena menopause, kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, timbul kista, kelenjar tiroid pada hormon, atau juga bisa karena pola hidup kamu sehari-hari. Memang pasti sulit mengatur apa yang dikonsumsi dan dilakukan sehari-hari agar badan tetap sehat. Nah, untuk itu tidak ada salahnya kamu mencoba tiga obat herbal ini untuk mengembalikan siklus menstruasi menjadi teratur.

Agnus Castus / Chasteberry

Jenis tanaman ini sudah dikenal dari ribuan tahun dan sudah diolah menjadi sebuah obat herbal. Ternyata keuntungan dari penggunaan tanaman Agnus Castus atau Chasteberry ini sangatlah banyak. Antara lain adalah untuk mengobati pendarahan, membantu proses persalinan, dan tentunya membantu siklus menstruasi menjadi lancar. Dalam penggunaannya, direkomendasikan untuk mengkonsumsi dengan dosis 30 hingga 40mg tergantung dengan kondisi tubuh kamu.

Agnus Castus / Chasteberry
baca juga

Blue Cohosh

Jenis tanaman ini pun juga sudah diolah menjadi obat herbal. Pada mulanya, suku-suku asli di Amerika menemukan dan menggunakannya untuk keperluan persalinan. Namun, ternyata obat herbal ini juga dapat memperlancar siklus menstruasi kamu. Ramuannya mampu merangsang menstruasi. Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik, kamu bisa mengkonsumsinya sebelum periode menstruasi kamu. Untuk dosis yang aman untuk kamu adalah dengan mengkonsumsinya 300 hingga 1000 mg setiap hari tiga kali.

Blue Cohosh

Asafetida

Jenis tanaman yang bisa mendorong kamu untuk memproduksi lebih banyak sel progesteron dalam tubuh. Sebenarnya kegunaannya tidak hanya untuk membuat siklus menstruasi menjadi teratur saja, tetapi dapat juga menyembuhkan perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Mungkin saja kamu memiliki ketidakseimbangan hormon dan tanaman asafetida cukup dapat membantu tubuh kamu akhirnya bisa menstruasi. Caranya mudah, kamu bisa menggoreng tanaman ini bersamaan dengan mentega. Kemudian, kamu bisa memakannya dengan susu atau sup. Pastinya, konsumsikanlah setiap hari 200 hingga 500mg setiap hari agar hasilnya maksimal.

Asafetida