Berat badan berlebih seringkali menjadi momok bagi setiap wanita. Tak heran jika banyak wanita rela melakukan apapun untuk menurunkan berat badannya dan mendapatkan berat badan yang ideal. Tak sedikit wanita yang rela melakukan diet super ketat sampai melakukan hal-hal yang tak lazim seperti sedot lemak demi menurunkan berat badannya yang berlebih.

Selain olahraga, untuk mendapatkan berat badan yang ideal tentu kamu juga harus menjaga pola makanmu. Seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak dan minum air putih yang banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengganti beberapa makanan yang biasa kamu konsumsi dengan makanan yang dapat membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Wah, apa saja tuh? Langsung simak di sini yuk!

Makanan yang dapat membantu proses pembakaran lemak antara lain mencakup sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, kacang-kacangan hingga susu dan karbohidrat. Melansir dari situs shefinds.com, ternyata ada empat jenis makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan ini memiliki kesamaan. Yakni sama-sama mengandung tinggi protein yang dibutuhkan tubuh. Sebagian besar makanan ini juga mengandung rendah kalori dan lemak. Sehingga, kamu tak perlu khawatir karena makanan ini sudah dipastikan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, makanan-makanan ini juga baik untuk kesehatan jantung. 

Kacang-kacangan

source: https://www.seriouseats.com/images/2016/01/20160106-beans-vicky-wasik-1.jpg


Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kamu mulai mengganti camilanmu dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Tinggalkan makanan-makanan ringan seperti keripik dan juga snack. Lalu, mulailah dengan kacang-kacangan. Seperti almon dan kenari. Kedua makanan tersebut mengandung protein, lemak tak jenuh tunggal, vitamin serta mineral. Kamu tak perlu khawatir akan menjadi gemuk karena almon dan kenari justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tuna

source: https://www.hawaiidiscount.com/blog/wp-content/uploads/2016/06/time-965184.jpg


Ikan segara merupakan salah satu makan siang atau makan malam tersehat yang bisa kamu konsumsi. Salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah ikan tuna. Selain lezat, ikan tuna juga sehat dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan. 

Good Housekeeping menyebutkan jika ikan tuna merupakan salah satu ikan dengan jenis kandungan yang lengkap.

"Tidak ada yang lebih baik dari ikan jika menyangkut soal protein. Terutama ikan tuna, salmon dan sarden.

Mereka memiliki kandungan omega 3 yang penting dan protein tanpa lemak yang baik untuk membantu menurunkan berat badan" tulis Good Housekeeping.

Selai Kacang

source: https://foodrevolution.org/wp-content/uploads/2019/01/iStock-898312966-belchonock-featured.jpg


Percaya atau tidak, meski tinggi lemak, ternyata selai kacang sebenarnya dapat membantumu menurunkan berat badan. Karena selai kacang memiliki kandungan yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan menekan gula darah. Hal ini dilaporkan oleh situs berita kesehetan onlin Healthline.

"Makanan tertentu, terutama makanan yang mengandung olahan kacang dan bertepung memang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Gula darah yang tidak stabil telah dikaitkan dengan obesitas dan diabetes. Namun, selai kacang memiliki indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi selai kacang merupakan cara untuk mengonsumsi lemak, protein dan serat tanpa memikirkan kadar gula darah" tulis Healthline.

Labneh atau Yogurt Yunani

source: https://img1.cookinglight.timeinc.net/sites/default/files/styles/4_3_horizontal_-_1200x900/public/image/2016/12/main/homemade-labneh.jpg?itok=KECz4Yat


Tak hanya plain, yogurt yunani juga merupakan sumber protein dan kalsium yang tinggi. Selain itu, ia juga mengandung probiotik yang dapat menyeimbangkan jumlah bakteri jahat dan sehat di dalam usus. Tak sampai di situ saja, yogurt yunani juga dapat membantu menghilangkan masalah perut kembung dan membantu memperbaiki sistem pencernaan. Yogurt yunani dibuat tanpa pemanis buatan. Untuk itu, kamu dapat menambahkan setetes madu untuk menambah rasa manis.