Kamu pakai kacamata? Sering mengalami adanya jerawat di dahi, jerawat di pipi, dan area sekitar kulit yang terkena kacamata? Biasanya pemakai kacamata di kesehariannya banyak yang mengalami hal ini. 

Gawat! Ternyata Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat, Cari Cara Mencegahnya Yuk!
source: https://www.self.com/

Selain faktor penyebab jerawat itu adalah hormon, stress berlebih, cara membersihkan wajah yang kurang benar, dan produk perawatan kulit yang enggak cocok, ternyata aksesoris seperti kacamata juga bisa menimbulkan jerawat, Ladies.

Kenapa bisa begitu? Hal ini terjadi karena kebersihan kacamata kamu dan juga bahan utama yang digunakan oleh kacamata.

Bingkai kacamata yang sering dipakai tentunya menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Jadi, jika tidak sering membersihkannya, tentu bakteri-bakteri tersebut akan berpindah ke kulit wajah dan bisa menimbulkan jerawat di pipi, jerawat di dahi, dan juga area sekitarnya. 

Gawat! Ternyata Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat, Cari Cara Mencegahnya Yuk!
source: https://www.uptowneyecare.com/

Nah, kalau sudah dibersihkan tapi ternyata masih menimbulkan jerawat juga berarti masalahnya ada di bahan utama dari bingkai kacamatanya. Biasanya bahan yang digunakan adalah nikel, zylonite atau cellulose acetate yaitu kombinasi antara serpihan kayu, serat kapas, stabilisator dan pelion. Nah, bahan-bahan tersebut diyakini bisa menyebabkan timbulnya jerawat untuk yang alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

Untuk menghindari timbulnya reaksi yang enggak diinginkan karena alergi terhadap bahan-bahan tersebut, kamu bisa pilih bingkai kacamata yang terbuat dari titanium karena tidak mengandung nikel.

baca juga
Gawat! Ternyata Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat, Cari Cara Mencegahnya Yuk!
source: https://www.allure.com/

Selanjutnya adalah setel ulang kacamata. Kacamata yang sempit, akan ada tekanan yang bisa membuat munculnya jerawat di pipi, jerawat di dahi, dan area sekitarnya. Jadi, longgarkan sedikit. Supaya pori-pori kulit kamu bisa bernapas, Ladies.

Buat yang suka dandan, jangan pernah lupa untuk mengapus make up dan membersihkan wajah sampai benar-benar bersih, ya. Sebelum memakai kacamata juga dibersihkan lagi, jadi kulit yang sudah bersih enggak terkena bakteri pindahan dari kacamata lagi dan menjadi penyebab jerawat.