Kenali Penyebab Mata Panda

Mata panda adalah lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata. Tidak hanya karena kurangnya jam tidur, munculnya mata panda disebabkan juga karena beberapa faktor dibawah ini. Yuk Kenali faktor penyebabnya Ladies!

1. Kurang Tidur

Ladies pasti tau faktor mata panda yang sering didengar adalah karna kurangnya jam tidur. Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik, akibatnya darah berkumpul di area bawah mata menjadi terlihat karena kulit tipis di area tersebut.

Kenali Penyebab Mata Panda
source: https://www.pexels.com/photo/woman-sleeping-935777/

2. Faktor Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang membuat kulit pada tubuh maupun wajahnya menjadi menipis. Selain itu, kulit juga akan kehilangan ke elestasitasnya, saat hal ini terjadi pembuluh darah yang berada pada area mata akan semakin terlihat sehingga membuat mata panda.

3. Kebiasaan Menatap Layar

Menatap layar computer, handphone, dan televisi dalam waktu yang cukup lama juga mampu membuat area mata menjadi mata panda. Saat mentapnya dalam waktu lama akan membuat ketegangan di area mata, ketegangan tersebut membuat pembuluh darah di area mata membesar sehingga akan menyebabkan mata panda.

Kenali Penyebab Mata Panda
source: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-t-shirt-holding-smartphone-in-front-of-laptop-914931/

4. Pola Hidup Tidak Sehat

Meminum alcohol dan banyak merokok juga dapat membuat mata panda. Efek yang diakibatkan memang tidak langsung terasa, tetapi lama kelamaan cairan tersebut akan menumpuk didalam tubuh, selain itu  aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap dan membuat seperti mata panda.

baca juga
5. Paparan Sinar Matahari

Seringnya terpapar sinar matahari bisa membuat mata panda lho. Paparan sinar matahari tersebut dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak pigmen penggelap kulit sehingga akan membuat pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Kenali Penyebab Mata Panda
source: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-black-sweater-1698482/

Tips Mengatasinya

Berbagai tips bisa Ladies pilih untuk mengatasi masalah mata panda, seperti :

1. Tidur dengan Waktu yang Cukup

Setiap orang memiliki waktu tidur berbeda-beda, untuk orang dewasa biasanya waktu yang dibutuhkan untuk tidur berkisar tujuh sampai sembilan jam. Tetapi jangan sampai kebanyakan tidur karena akan muncul mata panda. Perhatikan jam tidur supaya cukup, tidak berlebih ataupun kurang.

2. Melakukan Pengompresan pada Area Mata

Ladies, bisa melakukan pengompresan dingin pada area mata. Dengan kompres dingin tersebut dapat mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah dibawah mata secara sementara.
Tips Mengatasinya
source: http://www.naturalhut.net/2018/10/cara-menjernikhan-mata-dengan-mudah-dan.html
baca juga
3. Mengoleskan Krim

Saat ini sudah banyak sekali krim untuk mengatasi mata panda, Ladies bisa memilih krim yang memang benar-benar dibutuhkan oleh Ladies. Tapi pastikan krim yang gunakan mengandung retinol, vitamin C, dan E yang dapat mencerahkan area hitam dibawah mata.

4. Menghindari Rokok, Alkohol dan Kafein

Salah satu penyebab mata panda adalah dehidrasi. Kamu bisa mulai memperhatikan kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh dan mulai mengurangi kegiatan merokok, meminum minuman beralkohol, dan kafein, karena kegiatan tersebut memicu dehidrasi pada tubuh.
Tips Mengatasinya
source: https://www.pexels.com/photo/woman-with-white-flower-accent-headdress-leaning-her-head-on-table-beside-half-filled-wine-glass-1287549/
5. Menyamarkan dengan Riasan Makeup

Ladies bisa menyamarkannya mata panda dengan riasan makeup yang Ladies gunakan. Yuk ikuti cara menyamarkan mata panda ala Selebgram Ini Vindy.
  • Gunakan lipstick berwarna orange atau merah ya Ladies, dengan lipstick berwarna tersebut warna hitam pada area mata akan lebih tersamarkan dan akan membuat area mata menjadi tidak berwarna abu-abu ketika dipakaikan concealer.
  • Blend lipstick yang sudah dioleskan tadi dengan beauty blender yang Ladies miliki.
  • Setelahnya gunakan alas bedak yang Ladies miliki, bisa foundation, bb cream, ataupun cc cream, dan blend pada area wajah sampai terlihat menyatu dengan kulit wajah.
  • Tambahkan concealer dengan warna yang lebih terang pada area bawah mata, lalu blend kembali pada area tersebut.
  • Dan mata panda akhirnya tersamarkan.
Untuk video dan tutorial selengkapnya Ladies bisa tonton video dibawah ini ya!
 
youtube:r0NSdzLFVJM
source: https://youtu.be/r0NSdzLFVJM
TUTORIAL MAKEUP HILANGKAN MATA PANDA, PAKAI PRODUK LOKAL TERBAIK ALA INIVINDY