1. Scrubbing

Cara ini merupakan langkah alami agar bibir tetap terjaga kelembabannya. Scrubbing bibir selain membuat bibir tetap lembab, juga ampuh menyehatkan bibir agar tidak pecah-pecah dan mengelupas. Banyak cara scrub alami yang dapat kamu lakukan, di antaranya:
  • Scrubbing menggunakan gula
Gula merupakan bahan yang sangat gampang kamu temukan di rumah, tepatnya di dapur. Gula memiliki tekstur kasar yang ampuh untuk mengikis sel-sel kulit mati di bibir. Cara mengaplikasikannya campurkan satu sendok makan gula dengan beberapa tetes madu, kemudian oleskan campuran ini ke bibir. Gosok secara lembut, lakukan selama 2 hingga 3 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lembabkan dengan lip balm. Kamu bisa melakukan scrub ini secara rutin 2 atau 3 kali dalam seminggu.
  • Scrubbing menggunakan bubuk kopi
Bubuk minuman favorit dari berbagai kalangan ini memiliki tekstur yang halus serta lembut, namun cukup ampuh untuk menyingkirkan kulit bibir yang terkelupas. Bubuk kopi juga menjadi pilihan favorit untuk scrubbing karena aromanya yang khas dan menyegarkan. Cara membuat scrubbing dari bubuk kopi sangat gampang. Cukup dengan 1 sendok teh bubuk kopi campurkan dengan 1 sendok teh madu dan sedikit minyak zaitun. Aduk hingga rata kemudian oleskan campuran scrub ini ke bibir. Pijat bibir selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya adalah bahan alami yang sangat ampuh untuk membantu menghilangkan bibir pecah-pecah dan mampu menjaga kelembaban bibir. Jika kamu sulit menemukan tanaman lidah buaya, kamu dapat menggantinya dengan menggunakan skin care yang mengandung ekstrak aloe vera. Cara membuat campuran scrub dari lidah buaya cukup dengan mencampurkan 1-2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan tepung beras kemudian aduk hingga rata sampai menjadi scrub pasta. Setelah itu, gosokkan scrub ini ke bibir selama 3 menit lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan scrub ini sekali seminggu.
1. Scrubbing

2. Lip Mask

Cara lain merawat bibir agar tetap lembab selama bulan puasa adalah dengan menggunakan lip mask. Selain ampuh melembabkan bibir, lip mask juga memberikan asupan vitamin C pada bibir dan juga membuat bibir terasa lembut dalam sekejap. Formula utama yang dimiliki oleh berbagai lip mask adalah hyaluronic acid yang dipercaya mampu menjaga kelembaban kulit bibir. Selain itu, kandungan yang terdapat pada lip mask juga mampu mengeksfoliasi kulit bibir secara maksmimal. Kamu bisa memilih dan menggunakan lip mask dari berbagai brand apapun. Beberapa produk lip mask yang populer adalah Toni Moly Kiss Kiss Lovely Lip Patch, Etude House Honey Jelly Lips Patch (Moisturizing), Bioqua Collagen Lip Mask, dan masih banyak lagi brand yang menjual lip mask dengan kualitas terbaik.
2. Lip Mask
baca juga

3. Lip Balm

Menggunakan lip balm bertujuan untuk mencegah bibir kering dan dapat menjaga kelembaban bibir. Banyak brand kosmetik yang menjual produk lip balm. Kamu bisa memilih lip balm dengan merk brand apapun sesuai seleramu.Namun, tahukan kamu jika lip balm bisa kamu produksi sendiri di rumah? Caranya sangat gampang loh, Ladies!. Siapkan bahan utama berikut ini:
  • Coconut butter atau minyak kelapa
  • Potongan lipstik favorit yang kamu miliki
  • Essential oil (opsi tambahan, jika ada)
  • Air panas
Cara Membuat Lip Balm:
  • Panaskan air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan coconut butter atau minyak kelapa ke dalam air yang sudah mendidih agar bahan tersebut mencair.
  • Setelah mencair, masukkan potongan lipstik, kemudian aduk hingga tercampur rata. Diamkan adonan hingga mendingin kemudian teteskan essential oil.
  • Kemudian simpan adonan lip balm yang sudah siap ke dalam wadah kecil. Kamu bisa menggunakan wadah bekas lip balm lamamu. Perlu diingat, cuci terlebih dahulu wadah tersebut hingga bersih dan keringkan. Setelah adonan lip balm cukup dingin, simpan dalam kulkas selama semalaman agar adonan lip balm memadat dengan sempurna.
  • Lip balm kamu buat pun siap untuk kamu pakai.
3. Lip Balm

4. Lip Gloss

Untuk membuat bibir tampak lembab dan sehat seharian selama bepuasa, kamu bisa menggunakan lip gloss setelah mengaplikasikan lipstik matte di bibir. Lip gloss berfungsi untuk menciptakan efek berkilau atau glossy pada bibir. Lip gloss juga mampu melembabkan bibir, meski kemampuan melembabkannya tidak seampuh lip balm.
4. Lip Gloss
Waah, ternyata gampang ya Ladies merawat bibir agar tetap lembab selama berpuasa! Yuk, dicobain, Ladies!