Momen berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu umat muslim saat bulan puasa, ketika menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Suara adzan magrib yang berkumandang, menjadi tanda yang mengakhiri ibadah tersebut. Ketika momen tersebut tiba, biasanya kita sering mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Berlebihan-lebihan hanya membawa efek yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah). Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk berbuka dengan buah kurma. Bila tidak ada buah kurma yang didapat, bisa digantikan dengan air putih. 

Beginilah Cara Buka Puasa yang Benar Seperti yang Dianjurkan Rasulullah
source: http://lagizi.com
  • Berbuka Puasa dengan Buah Kurma

Mengapa Rasul menganjurkan kurma  menjadi menu berbuka puasa yang baik? Tenyata ada alasan medisnya yaitu manfaat yang terkandung dalam kurma. Kurma bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Kurma mengandung sejumlah serat larut dan asam amino yang bermanfaat membantu proses pencernaan makanan berlangsung lebih baik dan efisien, sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan seseorang.

Selain itu kurma mampu menjadi peningkat stamina dan energi dalam tubuh. Saat berpuasa, kita pun tetap bisa melakukan aktivitas rutin. Di akhir aktivitas pekerjaan yang dilakukan seseorang, rasa letih, lesu, capek tentu menjadi masalah yang sering dialami semua orang. Kurma mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi (glukosa, sukrosa dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas padat.

Beginilah Cara Buka Puasa yang Benar Seperti yang Dianjurkan Rasulullah
source: http://healthline.com
  • Meminum Air Putih

Selain buah kurma untuk berbuka, Rasul pun memberikan alternatif pilihan untuk berbuka puasa dengan air putih. Dalam ilmu kesehatan, air putih pun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kondisi tubuh manusia. Air putih berfungsi sebagai penangkal racun alami di dalam tubuh,  air putih akan membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh melalui urine yang dikeluarkan. Karena itulah, minum air putih 2-3 liter perhari sangat dianjurkan untuk tubuh. Selain itu air putih mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, sama seperti halnya kurma, air putih juga ikut membantu proses pencernaan makanan yang kita makan berjalan dengan baik. Sehingga sangat dianjurkan minum air putih yang cukup bagi tubuh kita.

Ladies itulah cara berbuka puasa yang dianjurkan Rasulullah. Dilakukan ya!