1. Es Cendol

Es cendol dikenal juga dengan nama es dawet. Es cendol merupakan minuman khas dari daerah Jawa. Minuman ini terbuat dari tepung beras, tepung hunkwe dan tepung kanji yang dimasak dengan air pasta pandan dan air suji. Setelah matang dan mengental, adonan cendol dicetak menggunakan saringan dengan cara ditekan. Cendol yang sudah jadi dicampur dengan kuah santan matang dan cairan gula Jawa yang semakin menambah manis legitnya es cendol.

1. Es Cendol
source: http://www.pixabay.com

2. Es Campur

Es campur juga merupakan es tradisional yang ada hampir di semua daerah. Biasanya yang membuat beda adalah isiannya. Secara umum es campur berisi buah-buahan seperti mangga, semangka, alpukat dan isian lain seperti cincau atau irisan roti. Cara membuatnya, cukup campurkan semua isian dengan kuah santan dengan sirup atau gula cair. Ditambah dengan es akan membuat es campur semakin segar untuk berbuka puasa.
 

2. Es Campur
source: http://www.pixabay.com
baca juga

3. Es Oyen

Es oyen adalah minuman khas dari Bandung. Sebenarnya es oyen hampir mirip dengan es campur. Es oyen juga berisi buah-buahan segar seperti nangka, alpukat dan semangka. Bedanya, es oyen ditambah dengan kelapa muda dan sagu mutiara. Santan yang digunakan juga lebih kental dan ditambah dengan susu kental manis. Tak ketinggalan es serut sebagai penambah kesegaran yang sangat nikmat disantap saat berbuka puasa.
 

3. Es Oyen
source: http://www.pixabay.com

4. Es Cincau

Seperti namanya, es cincau berisi serutan atau potongan cincau hitam maupun hijau. Cincau ini dibuat dengan merebus daun cincau. Bila enggak ingin repot, kamu bisa membeli cincau yang sudah jadi di pasar-pasar tradisional. Potongan atau serutan cincau kemudian dicampur dengan kuah santan yang sudah direbus dengan daun pandan. Untuk rasa manisnya, cairan gula jawa bisa ditambahkan sesuai selera.
 

4. Es Cincau
source: http://www.pixabay.com
baca juga

5. Es Kacang Merah

Es kacang merah ini menjadi minuman khas di daerah Manado. Bahan utamanya adalah kacang merah yang direbus sampai lunak. Sedangkan kuahnya terbuat dari rebusan air dan irisan gula merah yang juga direbus hingga mendidih. Kacang merah yang telah lunak kemudian dimasukkan dalam kuah tersebut dan kembali dimasak hingga kuah menyusut. Sebagai tambahan, es serut dan susu kental manis akan membuat es ini menjadi menu buka puasa yang menyegarkan.
 

5. Es Kacang Merah
source: http://www.imagenesmi.com/