Kegiatan berbelanja merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk wanita yang sudah menikah maupun yang masih single. Bahkan, laki-laki pun tetap berbelanja.

Belanja bisa dalam berbagai bentuk. Mulai dari belanja kebutuhan primer seperti kebutuhan pokok atau kebetuhan sehari-hari sampai belanja kebutuhan sekunder bahkan tersier (kebutuhan tambahan).

Bagi kamu yang sudah menikah, belanja tentunya akan menjadi satu rutinitas setiap bulannya. Namun, seringkali wanita lengah ketika berbelanja. Apalagi jika melihat barang-barang dengan harga sale. Dompet bisa jebol seketika. Untuk itu, kita sebagai wanita terutama yang sudah menikah harus pintar dalam mengatur keuangan.

Menurut Lauren Rose O’Leary yang berprofesi sebagai koki menyebutkan jika berbelanja bukanlah satu kegiatan yang merepotkan. Ada cara untuk memaksimalkan waktumu ketika berbelanja dan untuk mengurangi stress. Selain itu, cara ini juga bisa membnatumu dalam mengendalikan jumlah pengeluaran ketika berbelanja. Berikut adalah beberapa tips berbelanja di supermarket agar pengeluaran bisa tetap aman terkendali.
 

 


Kenali tata letak toko

Sebagian besar toko kelontong mengatur dagangannya dalam tata letak yang sama. Yakni lorong susu, roti, seafood dan daging biasanya berada di bagian tepi. Sementara makanan ringan dan barang-barang pecah belah berada di tengah. Kamu bisa langsung menuju ke tepi untuk membeli kebutuhan pokokmu dan jangan menengok ke bagian makanan ringan jika itu tidak diperlukan.

Belilah beberapa barang langsung pada penjualnya

Akan lebih baik kamu membeli daging dari tukang daging secara langsung daripada membelinya di supermarket. Selain lebih leluasa dalam memilih bagian daging yang akan kamu beli, harganya juga akan jauh berbeda dengan daging-daging yang sudah dijual di supermarket. Selain itu, sudah dapat dipastikan daging yang akan kamu dapatkan adalah daging yang benar-benar masih fresh.

Pergilah ke supermarket lebih awal

Biasanya, pihak supermarket akan mengisi kembali barang-barang di lemari es ketika pagi hari. Jadi, ketika kamu datang lebih awal maka kamu akan mendapatkan belanjaan yang   benar-benar masih segar.

Perhatikan barang-barang sale

Adanya diskon besar-besaran biasanya menjadi salah satu tanda musim buah atau sayuran tersebut. Biasanya, buah atau sayur di musim-musim tertentu memiliki kualitas yang lebih baik. Selain mendapatkan belanjaan dengan kualitas baik, kamu juga bisa lebih hemat karena membayar harga diskon.

Atur belanjaan berdasarkan tata letak toko
 
Jika kamu berbelanja di satu lokasi yang sama, tentunya kamu akan memahami tata letak pengaturan toko tersebut. Hal ini bisa kamu jadikan modal untuk membuat daftar belanjaan berdasarkan tata letak toko sehingga kegiatan berbelanja mu akan lebih efisien dan efektif. Pastikan hanya membeli barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan.

Gimana, mudah kan caranya?