Wajib Sahur

Wajib Sahur
source: http://id.pinterest.com/

Salah satu hal penting yang wajib diikuti oleh penderita sakit maag adalah makan sahur. Makan sahur dapat mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat sedang berpuasa. Meskipun perut kalian tidak terasa lapar, tapi untuk penderita sakit maag ada baiknya untuk selalu mengkonsumsi makan sahur.
 

Makan Sahur dengan Makanan yang Terdapat Kandungan Serat dan Karbohidrat

Makan Sahur dengan Makanan yang Terdapat Kandungan Serat dan Karbohidrat
source: https://hellosehat.com/

Almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum utuh merupakan beberapa contoh makanan dengan kandungan serat tinggi yang bagus dikonsumsi saat makan sahur. Selain itu, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kurma saat waktu puasa, baik saat makan sahur dan waktu berbuka.

Kurma dipercaya bisa mempertahankan rasa lapar lebih lama. Oleh karena itu sangat baik untuk para penderita sakit maag yang ingin berpuasa sebulan penuh tanpa terganggu dengan sakit maag yang kambuh.

baca juga

Minum Segelas Susu Saat Sahur

Minum Segelas Susu Saat Sahur
source: https://hellosehat.com/

Selain menghindari beberapa makanan yang memicu peningkatan asam lambung, usaha pencegahan lain dapat dilakukan dengan minum susu saat sahur. Namun kalian juga perlu hati-hati dalam memilih susu. Pada umumnya susu memiliki kandungan lemak tinggi yang justru dapat memicu gejala maag.

Para penderita maag lebih disarankan untuk mengonsumsi susu nabati seperti susu kedelai atau almond karena dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan merupakan minuman yang dianggap paling aman.

Hindari Makan Pedas

Hindari Makan Pedas
source: https://www.pegipegi.com/

Salah satu penyebab sakit maag adalah konsumsi makan pedas. Selama Ramadan, usahakan untuk menghindari makanan pedas, baik untuk makan sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga kandungan lada serta merica yang banyak ini bisa membuat perut iritasi dan juga menurunkan fungsi dinding lambung yang tentunya berbahaya untuk penderita sakit maag kronis.

baca juga

Hindari Makanan yang Mengandung Gas

Hindari Makanan yang Mengandung Gas
source: https://www.lemonilo.com/

Sayuran memang kandungan yang penting untuk setiap santapan. Namun, untuk penderita sakit maag, terlebih lagis sakit maag kronis, kandungan sayuran yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Hindari sayuran yang memiliki gandungan gas tinggi seperti sawi dan kol yang bisa meningkatkan asam lambung dan membuat sakit maag kambuh. Selain sawi dan kol, nangka dan pisang ambon juga usahakan untuk dihindari.

Jika Diperlukan, Minum Obat Maag Saat Sahur dan Berbuka

Jika Diperlukan, Minum Obat Maag Saat Sahur dan Berbuka

Seringkali penderita maag, terutama yang sudah akut, membutuhkan resep obat dari dokter untuk mengatasinya. Apalagi jika memang berniat untuk puasa, jangan sampai lupa untuk minum obat. Di samping untuk mengobati, minum obat maag juga dapat dijadikan cara untuk mencegah andai maag kembali kambuh.

Ladies, inilah tips berpuasa bagi penderita maag yang bisa kalian ikuti. Semoga puasa kalian bisa lancar ya! Good luck!