1. Mata


source: unsplash.com

Sudah jamak diketahui, area mata adalah area sensitif. Jadi sudah jelas mata menjadi spot berbahaya jika terkena semprotan parfum. Parfum berbahan dasar alkohol, di dalamnya terkandung senyawa kimia yaitu etil—yang bahkan bisa mencapai 95 persen. Senyawa ini dapat menyebabkan iritasi dan rasa pedih jika bersentuhan dengan area sensitif, seperti mata.
 

2. Rambut


source: cosmo.ph

Rambut menyerap aroma secara alami, tapi menyemprot parfum ke atas rambut sebenarnya bukan ide yang baik. Kandungan alkohol dalam parfum dapat beresiko membuat rambut kering. Jika tetap ingin menambahkan wewangian untuk rambut, kamu bisa menyisir rambut dengan sisir yang disemprot parfum.
 

baca juga

3. Tangan


source: greatist.com

Mengoleskan parfum di pergelangan tangan jadi salah satu cara yang populer untuk mencium aroma harum sepanjang hari. Namun, saat beraktivitas seringkali kamu butuh cuci tangan, sehingga parfum mungkin akan ikut larut dalam air menuju pelimbahan, kan? Belum lagi jika kamu tidak sengaja menggosok mata, parfum yang menempel di tangan dapat membuat iritasi.
 

4. Ketiak


source: wellandgood.com

Menyemprotkan parfum ke ketiak juga berpotensi menimbulkan iritasi. Interaksi antara parfum dengan kelenjar keringat ketiak dapat menyebabkan rasa gatal dan terbakar. Alih-alih menyemprot parfum ke ketiak, sebaiknya gunakan deodoran saja jika ingin tetap wangi sepanjang hari.

baca juga

5. Miss V


source: christopherjohnsson.com

Hal yang sama berlaku untuk area pribadi ini, karena pada dasarnya parfum dapat menyebabkan kulit kering. Bagi wanita, wewangian dapat berpotensi mengiritasi vagina dan menyebabkan peradangan, gatal, sampai nyeri.
 

Lalu Sebaiknya Menyemprot Parfum di Titik Mana?


source: yasmina.com

Tempat terbaik untuk menyemprotkan parfum adalah pada titik nadi tubuh yaitu leher, bagian belakang lutut, dan—sebenarnya—juga termasuk pergelangan tangan. Dengan mengoleskan parfum ke area sumber panas tersebut, aroma favorit parfum kamu seperti dihangatkan, menguap,  dan mengharumkan tubuh dengan baik. Kecuali pergelangan tangan, area tersebut juga cukup aman dari iritasi.