Cara Membuat Toner Cuka Apel Untuk Jerawat


source: stylecraze.com

Cuka apel mengandung senyawa yang dapat mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan S. aureus (bakteri penyebab jerawat). Dengan kata lain, cuka apel akan menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari jerawat. Cara paling mudah untuk mengaplikasikan cuka apel pada wajah yaitu dengan mengubahnya menjadi toner wajah harian kamu.

Pembuatannya mudah saja, namun perlu diingat bahwa setiap kulit memiliki keunikan masing-masing, jadi buatlah toner cuka apel yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kamu. Untuk itu, perhatikan baik-baik rasio campuran bahannya.

Apa bahannya?

  • Cuka apel
  • Air suling (tapi menurut pengalaman banyak wanita, menggunakan air mineral biasa juga bisa)

Jika mau, bisa tambahkan bahan opsional

  • Hydrosol (1 sendok teh per cangkir toner)
  • Minyak esensial/atsiri (2-3 tetes per cangkir toner)

Bagaimana cara pembuatannya?

1. Campur cuka apel dengan air suling, gunakan rasio seperti berikut.
  • Kulit Sensitif. Cuka apel : air mineral = 1 : 4, jadi misalnya kamu menggunakan 5 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 20 sdm air mineral.
  • Kulit Normal. Cuka apel : air mineral = 1 : 2, jadi misalnya kamu menggunakan 8 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 16 sdm air mineral.
  • Kulit Berminyak. Cuka apel : air mineral = 1 : 1, jadi misalnya kamu menggunakan 15 sdm cuka apel, kamu perlu mencampurkannya dengan 15 sdm air mineral.
2. Jika kamu menambahkan hydrosol, tambahkan sesuai dengan rasio yang disebutkan.
3. Tambahkan minyak esensial/atsiri.
4. Aduk rata dan pindahkan campuran ke botol semprot.
5. Simpan di kulkas.

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Ambil kapas dan semprotkan sedikit toner di atasnya.
  • Oleskan ke seluruh wajah dengan lembut. Hindari area mata. Hati-hati dengan luka yang mungkin sensitif dengan cuka apel untuk menghindari rasa perih.
  • Biarkan, jangan bilas atau cuci.


Nah, cuka apel terbukti bukan hanya berfungsi sebagai bahan bumbu dapur saja, tapi juga bisa jadi kunci kulit sehat yang bercahaya. Kalau kebetulan ada botol cuka apel yang mulai berdebu di lemari dapur kamu, keluarkan hari ini dan jadikan toner wajah yang mudah pembuatannya, mudah pemakaiannya, tapi sangat berguna ini. Kalau kamu tidak menemukan botol cuka apel di lemari dapur, berarti sekarang saatnya kamu berburu di toko terdekat atau toko-toko online kesayangan.

Salah satu merek yang direkomendasikan adalah Bragg Cuka Apel. Satu botol ukuran 473 ml dibanderol dengan harga sekitar Rp 150.000,-. Buat yang baru pertama kali mencoba toner cuka apel ini, waspadai bau kecutnya yang mungkin kurang bersahabat di kamu. 

Selamat mencoba, ladies!