Kulit kering merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seseorang. Baik remaja, dewasa, bahkan laki-laki ataupun perempuan pasti pernah mengalami masalah dengan kulit kering. Apalagi jika kamu tinggal di negara dengan empat musim yang memiliki musim dingin akan semakin rentan terkena masalah kulit kering.

Beberapa masalah yang ditimbulkan dari kulit kering adalah kulit menjadi bersisik, kasar bahkan hingga mengelupas. Hal itu tentunya sangat mengganggu penampilan. Melansir dari situs mygoodtimes.in, berikut adalah beberapa tips perawatan wajah ayurveda yang bisa dicoba bagi kamu yang memiliki kulit kering.

Ghee (sejenis mentega) untuk pengobatan dari dalam

Ghee, dalam bahasa Hindi berarti mentega ternyata menjadi salah satu obat yang paling banyak disarankan untuk mengatasi masalah kulit kering dari dalam. Dengan kata lain, Ghee atau sejenis mentega ini membantu menutrisi dan melembabkan kulit dari dalam tubuh.

Minyak Khusus

Minyak kelapa, minyak alpukat, minyak argon dan minyak wijen ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang kering. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat meningkatkan fungsi dan perbaikan pada kulit. Selain itu, minyak kelapa murni juga memiliki anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Tepung beras

Para wanita menggunakan tepung beras untuk menghidrasi kulit mereka. Ini merupakan salah satu perawatan kulit tradisional yang juga bisa diterapkan di Indonesia. Caranya, masak tepung beras dengan susu hingga membentuk pasta halus. Adonan ini yang kemudian digunakan sebagai masker untuk menjaga kelembutan kulit dan tetap terhidrasi.

Aloe Vera

Tak cuma di Korea, ternyata aloe vera juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit secara ayurveda atau tradisional oleh para wanita India. Belakangan ini, di Indonesia pun segala produk kecantikan yang mengandung aloe vera juga sedang digandrungi. Aloe vera memang dikenal dengan berbagai macam kandungannya. Selain mampu mengatasi masalah jerawat, aloe vera juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit.

Campuran biji-bijian

Perpaduan biji jintan, biji ketumbar dan biji adas ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya, haluskan ketiga bahan tersebut lalu oleskan pada area kulit yang kering. Ketiga bahan ini dipercaya ampuh untuk membantu mempertahankan kelembaban kulit dan membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Selain itu, campuran bahan biji ketumbar, biji jintan dan biji adas ini juga dapat membuka pori-pori pada kulit.