Secara logika, berpuasa akan membuat berat tubuh turun. Tapi anehnya, dalam beberapa kasus bukan badan langsing yang didapat, melainkan malah berat tubuh mendadak naik. Apakah Ladies pernah mengalaminya? Jika ya, mungkin kamu telah melakukan lima kesalahan seperti yang ada dalam ulasan berikut ini. 
 

Jika Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Heran Berat Badan Naik Selama Puasa
source: http://gavrieleventcatering.com
1. Kalap makan saat buka puasa

Biasanya saat puasa, rasa lapar yang sudah ditahan seharian akan berujung dengan memakan banyak makanan karena seharian perut tidak terisi. Makan dengan porsi secukupnya merupakan kunci utama untuk membuat jarum timbangan tidak merangkak naik saat bulan Ramadhan.
 

Jika Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Heran Berat Badan Naik Selama Puasa
source: http://prevention.com
2. Kelebihan gula

Tubuh sangat membutuhkan energi dan energi biasanya berasal dari gula. Perut yang tidak terisi seharian membuat kita menginginkan makanan manis, apalagi godaan takjil saat ngabuburit
nggak kehitung berapa jenis yang dinikmati saat berbuka. Kebanyakan mengonsumsi gula akan membuat berat badan naik.
 

baca juga
Jika Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Heran Berat Badan Naik Selama Puasa
source: http://tandapagar.com
3. Berbuka dengan Gorengan

Saat puasa, kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak. Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah dan bisa jadi ini alasan banyak orang gemuk setelah puasa. 

Jika Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Heran Berat Badan Naik Selama Puasa
source: http://heartorg.com
4. Kurang aktivitas fisik

Selama bulan Ramadhan seringkali tidak mengimbangi konsumsi makanan dengan aktivitas fisik. Mayoritas masyarakat memilih untuk makan sebanyak-banyaknya saat sahur atau berbuka puasa dan mengurangi aktivitas fisik agar puasa tak terasa terlampau berat. Padahal, olahraga ringan tetap harus dilakukan saat berpuasa agar tak membuat lemak tertimbun dalam tubuh.
 

baca juga
Jika Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Heran Berat Badan Naik Selama Puasa
source: http://healthline.com
5. Kurang minum air putih

Walaupun belum ada penelitian tentang pengaturan minum saat puasa, tapi dianjurkan minum dua gelas air putih saat buka puasa, satu gelas saat makan malam, dan satu hingga dua gelas setelah makan malam, dua gelas menjelang tidur dan dua gelas di kala sahur. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan air, maka akan terhindar dari dehidrasi dan memperlancar kerja organ tubuh.

Ladies, jangan sampai setelah puasa malah berat badan naik ya. Yuk kita jaga kesehatan.