Menu minuman yang bisa kamu pilih untuk berbuka puasa adalah es timun serut jeruk nipis. Menu yang satu ini benar-benar segar saat disantap. Selain itu menu ini mudah banget untuk dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang sederhana yang mudah didapatkan. 

1. Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat es timun serut jeruk nipis. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  1. 1 buah timun ukuran sedang
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. air secukupnya
  4. gula pasir secukupnya
  5. selasih (opsional)
1. Siapkan Bahan-bahan
source: https://bp-guide.id/
baca juga

2. Serut Timun

Setelah bahan-bahan disiapkan langkah selanjutnya adalah mengupas timun dan cuci hingga bersih. Lalu kamu bisa menyerut atau memarut timun hingga membentuk partikel kecil-kecil. Meskipun mengeluarkan air yang banyak, jangan dibuang ya. Karena air timun yang keluar sama diparut akan tetap dimanfaatkan nantinya. 

2. Serut Timun
source: https://shintaanggrainikarsono.files.wordpress.com/

3. Buat Es Jeruk Nipis

Kemudian saat timun sudah selesai diparut, langkah selanjutnya adalah membuat es jeruk nipis. Caranya mudah hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi dua, peras dan saring air jeruknya, dan larutkan gula secukupnya. Campurkan perasan jeruk dan gula ke dalam gelas, kemudian beri air untuk melarutkannya. Jangan lupa sekalian beri es batu. 

3. Buat Es Jeruk Nipis
baca juga

4. Tambahkan Serutan Timun dan Campurkan

Kalau es jeruk nipis sudah selesai dibuat, saatnya untuk mencampurkannya dengan timun. Campurkan timun yang telah diparut ke dalam es jeruk nipis. Aduk hingga merata dan es timun serut jeruk nipis siap untuk disajikan. 

4. Tambahkan Serutan Timun dan Campurkan
source: https://langsungmasak.blogspot.com/

Kamu bisa juga menambahkan selasih untuk menambahkan kesegaran dalam minuman, ladies. Selasih juga berperan penting untuk memberikan kesan menarik pada menu yang satu ini lho. 

Jadi, tertarik untuk mencobanya di rumah Ladies? Selamat mencoba ya!