1. Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es cendol tanpa santan. Bahan-bahan yang kamu perlukan terdiri atas bahan untuk membuat cendol, bahan untuk gula, dan bahan tambahan lainnya. Berikut bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan cendol:

  1. 15 gr jelly bubuk
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 2 sdm tepung tapioka
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 450 ml air
  6. 4 lembar daun pandan
1. Siapkan Bahan-bahan
baca juga

Bahan saus gula merah:

  1. 200 gr gula merah
  2. 75 ml air

Bahan pengganti santan:
1. susu putih full cream (bisa merk Diamond)

Bahan tambahan:
1. nangka (opsional)

2. Blender Pandan dan Campurkan dengan Bahan Cendol

Setelah bahan-bahan disiapkan selanjutnya blender pandan dengan air:

  • Saring air blenderan pandan dan tuang ke dalam panci atau teflon.
  • Campurkan dengan jelly bubuk, tepung tapioka, tepung beras, dan gula.
  • Panaskan dan aduk hingga mengental. Setelah itu masukkan adonan cendol ke dalam plastik. Siapkan air es.
  • Lubangi plastik dan pencet isinya ke dalam baskom air es hingga membentuk butir-butir cendol. Setelah selesai memencet, saring cendol yang sudah jadi dan sisihkan terlebih dahulu.
2. Blender Pandan dan Campurkan dengan Bahan Cendol
source: https://buatresep.blogspot.com/
baca juga

3. Lelehkan Gula Jawa

Setelah cendol sudah siap, langkah selanjutnya menyiapkan gula. Lelehkan gula Jawa dengan air dalam panci atau teflon. Setelah leleh dengan sempurna, sisihkan. 

3. Lelehkan Gula Jawa
source: https://momslittleworld.wordpress.com/

4. Tuangkan Susu Low-Fat, Tambahkan Cendol, Campurkan dengan Gula dan Es Batu

Saat cendol dan gulanya sudah siap waktunya untuk membuat es cendol tanpa santan.

  • Tuang cendol ke dalam gelas.
  • Beri susu full cream hingga sekitar 1/2 gelas terisi. Tambahkan es batu. Beri gula cair secukupnya. Tambahkan nangka jika diperlukan.
  • Untuk susu cair yang digunakan, kamu bisa memilih varian lain yaitu low fat yang lebih rendah lemak. Es cendol tanpa santan pun siap untuk disantap saat berbuka puasa. 
4. Tuangkan Susu Low-Fat, Tambahkan Cendol, Campurkan dengan Gula dan Es Batu
source: https://www.nibble.id/

Jadi bagaimana ladies, tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Selamat mencoba ya.