Meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa, kamu tetap bisa lho untuk melakukan olahraga. Namun ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar asupan nutrisi dan cairan tetap optimal.

Apabila kamu abaikan begitu saja dan tetap olahraga seperti hari biasa, tubuh kamu bisa menjadi sangat lemas. Selain itu, pusing, dehidrasi bahkan kerusakan otot dan hormon stres juga akan meningkat. Agar hal ini enggak terjadi, inilah beberapa hal yang harus kamu perhatikan :

1. Perhatikan Waktu

Waktu Terbaik dan Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Saat Berpuasa
source: https://www.pixabay.com
Ketika melakukan olahraga saat berpuasa, mencari waktu yang tepat adalah keharusan. Inilah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Misalnya pagi hari setelah sahur. Alasannya, tubuh kamu masih terasa segar berkat asupan nutrisi yang baru saja masuk saat makan sahur.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga saat menjelang berbuka puasa. Melakukan olahraga menjelang berbuka puasa bisa menghindarkan kamu dari efek buruk berolahraga minim asupan, karena energi yang hilang saat berolahraga bisa segera kamu ganti.

Waktu ketiga yang bisa kamu lakukan adalah setelah berbuka. Ya, melakukan olahraga setelah berbuka puasa merupakan waktu terbaik. Namun jangan lupa tetap berikan jeda 1 jam setelah makan ya. Ketiga waktu di atas sah saja untuk kamu melakukan olahraga, namun tetap kembali kepada tubuh setiap individu ya.

2. Perhatikan Asupan

2. Perhatikan Asupan
Asupan nutrisi yang seimbang merupakan hal yang tidak kalah penting. Makanan dengan nutrisi seimbang yang harus kamu penuhi ketika santap sahur ialah :
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Contoh makanan ini adalah gandum,kacang-kacangan, beras merah dan sayur-sayuran.
  • Makanan yang mengandung protein cukup. 
  • Kamu tidak boleh skip air putih minimal 2 liter.
  • Minuman yang wajib kamu hindari adalah minuman yang mengandung kafein, teh serta minuman bersoda.
baca juga
2. Perhatikan Asupan

3. Jenis Olahraga

3. Jenis Olahraga
source: https://www.freepik.com

Nah, sedangkan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan ketika berpuasa diantaranya jalan cepat, jogging, yoga dan bersepeda. Kamu bisa melakukan olahraga jenis ini sebanyak 2-3x sehari dengan durasi masing-masing selama 30 menit. Terpenting, jangan paksakan tubuh jika kamu mulai merasa pusing, mata berkunang-kunang dan tangan gemetar. Beristirahatlah saat tubuhmu mengalami hal-hal tersebut.