1. Double Cleansing

Saat beruntusan mulai muncul, bisa jadi itu karena kamu mulai sering melewatkan ritual membersihkan wajah. Sehingga kotoran menyumbat pori dan menimbulkan beruntusan. Kamu bisa mengatasinya dengan kembali rutin melakukan double cleansing. Pertama gunakan water based cleanser atau oil based cleanser. Setelahnya, cuci muka dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu.

1. Double Cleansing
source: https://www.pixabay.com

2. Jangan Lewatkan Toner

Kebanyakan perempuan merasa wajahnya sudah cukup bersih hanya dengan memakai sabun wajah. Padahal sabun wajah enggak bisa membersihkan kulit hingga ke dalam. Maka dari itu, kotoran yang masih tersumbat akan memicu beruntusan. Kamu perlu menggunakan toner untuk membersihkan kulit wajah lebih maksimal. Selain itu toner juga mengembalikan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima nutrisi dari produk skincare lain

2. Jangan Lewatkan Toner
source: https://www.pixabay.com
baca juga

3. Gunakan Pelembab yang Tepat

Kulit kasar karena beruntusan juga bisa diatasi dengan memakai pelembab wajah secara rutin. Kandungan nutrisi aktif dari pelembab bisa menghaluskan kulit wajah. Pilihlah jenis pelembab yang cocok dengan tipe kulitmu. Akan lebih baik jika pelembab yang kamu gunakan sekaligus mengandung tabir surya.

3. Gunakan Pelembab yang Tepat
source: https://www.dinsashop.com/

4. Manfaatkan Masker Alami

Selain dengan rutin menggunakan skincare, kamu juga bisa mencoba membuat masker wajah dari bahan-bahan alami. Misalnya saja, lendir lidah buaya yang langsung bisa dioleskan pada bagian wajah yang beruntusan. Bisa juga membuat masker dari campuran bubuk kayu manis dan madu. Kulit pisang juga menjadi salah satu alternatif bahan alami untuk mengurangi beruntusan. Caranya cukup dengan mengusapkan bagian dalam kulit pisang ke wajah.
 

4. Manfaatkan Masker Alami
source: https://www.pixabay.com
baca juga

5. Lakukan Eksfoliasi

Pengelupasan wajah juga menjadi tahap terpenting dalam usaha menghilangkan beruntusan. Pilih scrub dengan kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acid. Bahan aktif tersebut mampu melakukan pengelupasan dengan lembut tanpa membuat iritasi. Jangan sampai salah memilih scrub yang kasar karena beruntusan bisa semakin parah dan bahkan bisa menjadi jerawat besar dan meradang.
 

5. Lakukan Eksfoliasi
source: https://www.pixabay.com

6. Pakai Obat Jerawat

Karena beruntusan juga bisa dikategorikan sebagai jerawat, maka kamu juga bisa menggunakan obat jerawat. Pilih obat jerawat totol agar kamu bisa memakainya tepat di bagian kulit yang beruntusan. Obat ini akan membantu beruntusan lebih cepat kering dan kempes. Lakukan secara rutin dan kalau perlu diulangi dalam beberapa jam sekali agar obat jerawat bekerja lebih cepat.

6. Pakai Obat Jerawat
source: https://www.pixabay.com