1. 2-3 Jam Sebelum Gym untuk Makan Besar

Gym merupakan aktivitas fisik yang akan membakar kalori dalam tubuh. Untuk itu, kamu harus menyiapkan kalori sebagai bahan bakar saat gym. Tapi bukan berarti kamu boleh mengonsumsi sembarang makanan dalam jumlah yang tidak diukur. Pilihlah makanan dengan kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang dalam porsi yang cukup.

1. 2-3 Jam Sebelum Gym untuk Makan Besar
source: https://www.pixabay.com

Selain memperhatikan jumlah asupan, waktu makan juga menjadi hal terpenting yang dijadikan fokus. Makanlah makanan berat yang sehat 2-3 jam sebelum melakukan gym. Makan berat yang mendekati waktu gym hanya akan menyebabkan masalah bagi pencernaan. Tentu kamu tidak mau kan gym-mu justru menimbulkan penyakit?

2. 1 Jam Sebelum Gym untuk Makan Ringan

Jika setelah gym, badan terasa lebih lesu bahkan lemas, bisa jadi cadangan energi dari hasil pembakaran kalori kurang cukup. Meskipun ada yang melakukan gym agar berat badan ideal, namun jangan sampai melewatkan makan sebelum melakukannya. Kalau tidak, badan akan kehabisan energi.

2. 1 Jam Sebelum Gym untuk Makan Ringan
source: https://www.pixabay.com

Kamu dianjurkan mengonsumsi makanan ringan kurang lebih sejam sebelum gym. Bisa kamu lakukan jika waktu makan beratmu sudah cukup lama dari waktu gym. Pilihlah makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan tinggi protein seperti biskuit oat, kurma atau kacang almond.

baca juga

3. 2-3 Jam Sebelum Gym untuk Sarapan

Gym bisa dilakukan pada jam berapa saja dengan tetap memperhatikan jadwal makan sebelum melakukannya. Karena hasil gym tidak banyak dipengaruhi waktu, melainkan seberapa benar tahap-tahap yang dilakukan.
 

3. 2-3 Jam Sebelum Gym untuk Sarapan
source: https://www.shutterstock.com

Termasuk jika kamu ingin melakukan gym di pagi hari. Pastikan kamu melakukannya tidak dalam keadaan perut kosong. Meski masih pagi dan kamu merasa badan masih segar, kamu tetap harus sarapan agar energimu cukup untuk melakukan gym. Konsumsi sarapan berenergi seperti semangkuk smoothies dan segelas jus buah 2-3 jam sebelum memulai gym.

Kamu tidak perlu takut berat badan akan bertambah hanya karena makan sebelum gym. Karena penting bagi tubuh mendapat asupan energi yang cukup sebelum melakukan gym. Kamu juga tetap bisa memilih makan enak asal tetap menyehatkan dan dalam porsi yang enggak berlebihan.