Selama ini kita sering dijejali soal aturan dasar berpakaian dan panduan untuk tetap stylish oleh pakar busana, baik dari dalam maupun luar negeri. Menyesuaikan warna sepatu dengan tas pernah populer di tahun 90-an. ‘Matchy’ alias ‘matching’ seperti sudah menjadi sebuah ‘hukum fashion’ yang harus ditaati. Tetapi apakah itu benar-benar masih berlaku hari ini?

Menurut penata gaya selebriti Andrew Gelwicks, jawabannya adalah tidak, karena fashion adalah soal selera. It’s a freedom to express what suits you best, tetapi tentunya dengan sedikit peringatan. Berikut panduan mix and match sepatu dan tas versi kekinian. 
 

Warna Tas dan Sepatu Wanita Tak Harus Matching

Warna Tas dan Sepatu Wanita Tak Harus Matchy 
Source: http://www.laurenmessiah.com/

Di zaman bebas berekspresi dalam fashion seperti sekarang, tas dan sepatu yang harus matching hanyalah mitos. Kamu bebas saja memilih item fashion favorit yang dirasa cocok dan nyaman saat dikenakan. Malah terkadang warna yang sama dan senada justru membuat penampilan menjadi monoton. Tak ada salahnya memilih warna tas dan sepatu yang berbeda warna, bahkan kontras sekalipun, atau gunakan berbagai corak namun masih dalam nuansa warna yang sama. 
 

baca juga

Bedakan Warna Aksesoris

Bedakan Warna Aksesoris 
Source: http://www.pinterest.com/

Setelah warna tas dan sepatu senada, kamu tak harus memakai makeup, baju, dan aksesoris yang sewarna juga, lho. Kamu bisa memadukan berbagai warna untuk menjadikan penampilanmu lebih 'hidup'. Yang penting warna-warna yang dipilih bisa saling melengkapi. Bahkan warna-warna yang kontras pun bisa terlihat menarik asal pintar-pintar memadukannya.
 

Padukan Formal dan Informal? Bisa

Padukan Formal dan Informal? Bisa 
Source: http://www.pinterest.com/

Saat datang ke suatu acara formal, kamu pasti cenderung memakai baju yang serba formal, from head to toes. But hey, kamu tetap bisa memberikan sentuhan gaya kasual, lho. Kamu dapat kenakan sneakers atau flat shoes – dengan rok batik dan blouse. Sebaliknya, jika pakaianmu kasual, tapi alas kakinya yang forma, juga tetap bisa, kok. Tinggal sesuaikan lagi soal warna dan coraknya, ya. 

Selamat bereksperimen!