Nutrisi dalam Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung karbohidrat, serat, beberapa nutrisi penting dan antioksidan. Pisang ukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori, 90% di antaranya berasal dari karbohidrat. Sebagian besar karbohidrat dalam pisang matang adalah gula - sukrosa, glukosa dan fruktosa. Di sisi lain, pisang rendah lemak dan protein. Pisang juga mengandung sejumlah senyawa tanaman bermanfaat dan antioksidan, termasuk dopamin dan katekin.

Nutrisi dalam Pisang
source: https://i.pinimg.com/564x/b5/13/78/b51378fdf7d3489a5a843104d3ed63e8.jpg

Pisang Tinggi Serat, Tapi Rendah Kalori

Serat penting untuk menjaga kebiasaan buang air besar secara teratur, dan memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi bahkan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyakit divertikular, dan beberapa jenis kanker. Asupan serat yang memadai juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Satu studi mengukur asupan makanan dari 252 wanita selama 20 bulan. Ditemukan bahwa untuk setiap gram serat tambahan yang dikonsumsi wanita per hari, berat badan mereka sekitar 0,55 lbs (0,25 kg) lebih rendah. Efek ini diduga terjadi karena serat membuatmu merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantumu makan lebih sedikit kalori dalam jangka panjang. Namun, penelitian lain menemukan bahwa serat ekstra dalam makanan tidak memengaruhi kepenuhan atau asupan kalori pada manusia.

Pisang Tinggi Serat, Tapi Rendah Kalori
source: https://familydoctor.org/wp-content/uploads/1995/02/shutterstock_493514698-705x467.jpg
baca juga

Lebih Hijau Lebih Baik untuk Diet

Jenis karbohidrat dalam pisang tergantung pada seberapa matangnya. Pisang hijau mentah mengandung pati tinggi dan pati resisten, sementara pisang kuning kebanyakan mengandung gula. Pati resisten adalah rantai panjang glukosa (pati) yang tahan terhadap pencernaan. Mereka bertindak seperti serat larut dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Ini termasuk penurunan berat badan dan penurunan kadar gula darah. Pati resisten juga dapat memperlambat penyerapan gula dari makanan. Ini menjaga kadar gula darah lebih stabil dan membantu merasa kenyang.

Selain itu, pati resisten juga dapat meningkatkan pembakaran lemak. Berikut adalah artikel rinci tentang pati resisten dan efeknya terhadap kesehatan. Jadi, pisang hijau mengandung pati resisten, yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan kadar gula darah. Karena pisang ini cenderung sedikit lebih kaku dari pisang matang, pisang ini paling baik digunakan dalam smoothie atau microwave untuk menjadi oatmeal. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pati resisten dan kadar gula rendah dari pisang hijau menjadikannya pilihan terbaik untuk kesuksesan dietmu.

Lebih Hijau Lebih Baik untuk Diet
source: https://i.pinimg.com/564x/d3/6f/9f/d36f9f26c25a98d996e1751f7d6079c8.jpg