Ponsel

Ponsel
source: https://www.pexels.com/

Ponsel kini seperti sudah menjadi kebutuhan. Namun, kebiasaan menelepon dapat menimbulkan wajah berjerawat. Bagaimana bisa? Ketika ponsel dan pipi bertemu, maka akan memproduksi minyak, dan kotoran dari ponsel kamu akan terpapar di wajah. Maka, wajah berjerawat pun bisa timbul.

Untuk menghindarinya, gunakan
handsfree ketika menelepon, apalagi dalam waktu yang lama. Jika menelpon langsung dari ponsel, pastikan ponsel kamu bebas bakteri dengan mengelap layar menggunakan tisu anti-bakteri.

Aplikator Makeup yang Kotor

Aplikator Makeup yang Kotor
source: https://www.pexels.com/

Penyebab wajah berjerawat yang masih sering dilakukan oleh banyak pengguna makeup. Jika kamu menggunakan aplikator makeup seperti kuas atau beauty sponge sebaiknya kamu rajin membersihkannya, Ladies. Kondisi aplikator makeup yang kotor sangat mudah menjadi pusat berkumpulnya bakteri. Sehingga wajar jika jerawat mudah timbul pada wajah.

Bersihkan semua aplikator makeup yang sering kamu gunakan 2 kali dalam sebulan. Agar bakteri dan kuman yang ada tidak menumpuk dan berpindah ke kulit wajah. Simpan aplikator makeup di tempat yang steril agar tetap terjaga kebersihannya.

baca juga

Jari Kotor untuk Mengaplikasikan Makeup

Jari Kotor untuk Mengaplikasikan Makeup
source: https://id.pinterest.com/

Mengaplikasikan makeup dengan jari mungkin sudah menjadi kebiasaan, karena praktis dan tidak ribet cuci kuas. Namun, kamu juga harus biasakan mencuci tangan setiap kali mengaplikasikan makeup agar tidak terjadi perpindahan bakteri yang akan menimbulkan wajah berjerawat

Tidak Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Tidak Mencuci Wajah Sebelum Tidur
source: https://www.pexels.com/

Tidak peduli seberapa lelahnya kamu, membersihkan makeup sampai tuntas itu wajib. Membawa makeup sampai tidur akan menciptakan wajah berjerawat keesokan harinya. Membersihkan makeup hanya dengan tisu pembersih dan membilasnya dengan air, bukanlah ide yang bagus.

Kamu membutuhkan perawatan yang lebih, salah satunya dengan
double cleansing agar kulit terbebas dari sisa-sisa makeup yang masih menempel. Setelah membersihkan makeup, kamu bisa gunakan pelembab sebelum tidur atau krim malam agar kulit tetap ternutrisi.

baca juga

Memencet Jerawat

Memencet Jerawat
source: https://id.pinterest.com/

Sebaiknya tinggalkan jauh-jauh kebiasaan ini. Memencet jerawat tidak akan menghilangkannya, tetapi malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Bahkan, banyak dermatologis yang mengatakan bahwa tidak boleh sekalipun memencet jerawat, kamu bisa melukai kulit wajah jika sembarangan pencet jerawat.

Saat memencet jerawat, kamu justru akan melunakkan kulit, menyebabkan jaringan kulit rentan sobek. Gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka.

Junk Food

Junk Food
source: https://www.pexels.com/

Jika kamu merupakan tipe orang yang menyukai makanan berminyak, pedas, bergula dan minuman soda. Jangan heran jika kulit wajah sering muncul masalah jerawat, makanan tersebut dapat menyumbat pori-pori di kulit. Tak hanya itu, junk food juga mengacaukan sistem pencernaan yang berdampak pada kulit wajah.

Perawatan Wajah Berjerawat

Cara untuk mencegah agar wajah kamu terbebas dari jerawat yang pertama adalah rajin cuci tangan. Ingat, setiap kali kamu ingin melakukan kontak langsung dengan kulit wajah, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih.

Jadi, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor. Kedua, bersihkan muka dengan benar, gunakan pembersih yang ringan pada pagi dan malam hari. Hindari pembersih wajah yang berbentuk scrub karena ini bukan cara menghilangkan jerawat secara alami yang baik, yang ada malah memperburuk keadaan.

Perawatan Wajah Berjerawat
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Ketiga, hindari memencet atau memecahkan jerawat karena hal tersebut dapat menyebabkan bekas atau flek pada kulit. Keempat, hati-hati dengan produk makeup, harus bebas dari minyak. Pilih produk dengan label “non-comedogenic”, di mana produk tidak akan menyumbat pori-pori. Terakhir menghindari semua makanan penyebab jerawat yang sudah disebutkan di atas.