Fungsi Vitamin C

Serum vitamin C disebut-sebut sebagai penyelamat dari semua masalah kulit. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas, yang dihasilkan oleh tubuh kita ketika terkena kondisi tertentu, termasuk polusi dan sinar UV. Keseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan penting — jika radikal bebas membanjiri tubuh dan mencegah kemampuannya mengaturnya, stres oksidatif dapat terjadi. Radikal bebas dapat berdampak negatif pada DNA, lipid, dan protein; menyebabkan berbagai penyakit; merusak sel-sel kita dan mengganggu kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri; dan memperlambat produksi kolagen.

Fungsi Vitamin C
source: https://www.mdpi.com/nutrients/nutrients-09-01211/article_deploy/html/images/nutrients-09-01211-g001.png

Vitamin C untuk Wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya vitamin C memiliki banyak fungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan. Mengapa vitamin C banyak disenangi karena zat ini juga cocok untuk banyak jenis kulit. Selain itu vitamin C juga aman digunakan oleh bahan aktif lainnya seperti asam alfa hidroksi (AHA), retinol, dan SPF.

  • Dapat menghidrasi kulit -- Magnesium ascorbyl phosphate, adalah salah satu turunan vitamin C utama yang digunakan dalam perawatan kulit, telah terbukti memiliki efek menghidrasi pada kulit. Ini mengurangi kehilangan air transepidermal, memungkinkan kulit untuk mempertahankan kelembaban dengan lebih baik.
  • Dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna wajah -- Vitamin C dapat membantu memudarkan pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kusam. Ini membantu mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit. Vitamin C juga telah terbukti mengobati berbagai macam kondisi kulit inflamasi. Meminimalkan kemerahan dapat membuat kulit lebih merata.
  • Membantu memudarkan hiperpigmentasi -- Hiperpigmentasi, termasuk bintik-bintik hitam, bintik-bintik penuaan, dan melasma - terjadi ketika melanin diproduksi berlebihan di area kulit tertentu. Itu juga bisa terjadi di daerah di mana jerawat telah sembuh. Aplikasi vitamin C telah terbukti menghambat produksi melanin. Ini dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan menyebabkan kulit lebih kencang.
  • Melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari -- Kerusakan akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Ini adalah atom dengan elektron yang hilang. Radikal bebas mencari atom lain yang darinya mereka dapat "mencuri" elektron — dan ini dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit. Vitamin C kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan "memberikan" radikal bebas ini sebuah elektron, menjadikannya tidak berbahaya.
  • Membantu produksi kolagen -- Vitamin C terkenal untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang terbentuk secara alami dan berkurang seiring waktu. Kadar kolagen yang lebih rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Produksi kolagen terikat dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen mulai turun, kulitmu mungkin akan mengalami kerutan. Menggunakan serum vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, menghasilkan efek pengetatan keseluruhan.
Vitamin C untuk Wajah
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/05/serumkk-b736b79d0b2ed6962795a9f19d116ecf.jpg
baca juga

Bagaimana Menggunakan Serum Vitamin C

Meskipun vitamin C topikal umumnya ditoleransi dengan baik, semua produk kulit berpotensi menyebabkan efek samping. Kamu harus selalu melakukan tes tempel atau patch test untuk menilai risiko untuk reaksi alergi. Begini caranya:

  • Pilih area kecil dari kulit yang mudah disembunyikan, seperti lengan atau belakang kuping.
  • Oleskan sedikit produk dan tunggu 24 jam.
  • Jika tidak ada efek samping yang terjadi, kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah. Tapi hentikan penggunaan jika mengalami ruam, kemerahan, atau gatal-gatal.
  • Ketika tiba saatnya untuk aplikasi lengkap, ikuti instruksi pada label produk. Serum vitamin C biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari. Aturan praktis yang baik adalah membersihkan, mengencangkan, mengoleskan serum vitamin C, dan kemudian melembabkan.

Ini dapat digunakan dengan aman bersama dengan bahan aktif lainnya, meskipun penggunaan bersama niacinamide dapat membuat vitamin C kurang efektif. Pastikan untuk memeriksa tanggal penggunaan produk seperti expired date dan PAO.

Bagaimana Menggunakan Serum Vitamin C
source: http://www.cosmopolitan.co.id/newtest/vrgallery/teaser/OP_43_20181121142325YKpX3z.jpg