Bahaya Makan Nasi Sisa

Masalahnya bukan dengan memanaskan ulang nasi itu sendiri, tetapi dengan bagaimana kamu dapat menanganinya sejak awal. Setelah memasak nasi, sebaiknya kamu tidak membiarkannya lebih dari satu jam. Beras mengandung spora Bacillus cereus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri itu dapat bertahan hidup bahkan setelah nasi dimasak, dan semakin lama nasi ditinggalkan pada suhu kamar, semakin besar kemungkinan bakteri akan berkembang biak dan berpotensi menghasilkan racun. Jika bakteri masih berkembang ketika kamu menunda makan nasimu, saat memakannya bisa saja kamu berisiko muntah atau diare. 

Bahaya Makan Nasi Sisa
source: https://draxe.com/wp-content/uploads/2017/04/How-to-Stop-Diarrhea_HEADER.jpg

Jangan Biarkan Lebih dari Satu Jam

Ada cara sederhana untuk menghindari risiko itu kok. Opsi pertama: masak nasi dengan porsi yang akan kamu makan, dan sajikan nasi tersebut segera. Opsi dua: jika kamu masak nasi cukup banyak untuk dimakan di saat makan berikutnya, simpan segera setelah dingin, dan seharusnya tidak lebih dari satu jam. Nasi harus segera dimakan setelah dipanaskan kembali. Selain itu, kamu tidak boleh memanaskan nasi lebih dari satu kali.

Jangan Biarkan Lebih dari Satu Jam
source: https://cdn.shopify.com/s/files/1/0213/5010/files/1-hour_proofreading_and_editing.jpg?8087427064685198406
baca juga

Waspada Makan di Luar

Nah, kamu harus waspada nih kalau makan di tempat makan. Beberapa restoran memasak nasi dalam jumlah besar, menyimpannya pada suhu kamar sepanjang hari, dan kemudian mengambil porsi sesuai kebutuhan.

Bacillus bisa membuat racun tahan panas, jadi meski dipanaskan ia tetap bisa bertahan hidup. Namun, ketika nasi menjadi dingin dengan suhu 59-122 derajat F, bakteri langsung berkembang biak dan memproduksi lebih banyak racun. Itulah sebabnya kita harus hati-hati ketika makan nasi di restoran.

Lain halnya dengan nasi sushi. Nasi pada sushi tidak masalah karena ditambahkan cuka sehingga menurunkan kadar pH, membuatnya aman disimpan pada suhu kamar. Dengan kata lain, spora Bacillus tidak bisa berkembang pada kadar keasaman ini. 

Waspada Makan di Luar
source: http://tampilcantik.com.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/wp-content/uploads/2017/09/04175951/Dinner-by-Heston-Mandarin-Oriental-850x566.jpg