1. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten
Salah satu cara terbaik untuk melatih tubuh agar lebih cepat tertidur adalah dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Meskipun kita tidak memiliki tidur malam yang nyenyak. Bisa juga menyalakan alarm untuk mengatur waktu tidur kita.

Trik lain yang efektif adalah mengembangkan rutinitas sebelum tidur yang akan membantu kebiasaan tidur lebih cepat. Contohnya, menghabiskan waktu lima menit meregangkan dan melakukan latihan pernapasan. Bisa juga membaca buku ringan di tempat tidur. Bereksperimenlah dengan berbagai rutinitas sebelum tidur untuk menemukan yang paling cocok untuk kita.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang gelap
Kodisi gelap sangat berpengaruh pada tubuh karena membantu pelepasan melatonin, hormon yang menentukan waktu tidur kita yang sehat. Kita juga bisa mematikan alat elektronik kita.  Lampu biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat menipu otak untuk berpikir itu masih siang hari, meskipun itu malam hari. Lebih baik jauhkan gadget saat hendak tidur dan matikan lampu kamar.
 

 



3. Jaga suhu tubuh tetap dingin
Tubuh kita membutuhkan penurunan suhu yang memengaruhi kadar melatonin kita agar tertidur lebih cepat. Pernah terbangun karenan lengan dan kaki mencuat dari selimut?  Itu adalah pertanda bahwa tubuh berusaha mengurangi suhu yang cukup rendah sehingga bisa tertidur. Trik lain untuk tidur lebih cepat adalah mandi air panas sebelum tidur.

4. Hindari kafein dan alkohol setelah jam 2 siang
Ketika kita bangun di pagi hari, bahan kimia, adenosin, menumpuk di otak kita untuk membuat tekanan tidur yang membuat kita merasa lebih mengantuk semakin lama jika terjaga. Setelah sekitar 16 jam tetap terjaga, tekanan tidur yang diciptakan oleh adenosine menyebabkan kita merasa sangat lelah untuk tertidur. Namun, kafein menciptakan efek sebaliknya, yaitu membuat kita terjaga. Itu sebabnya hindari mengonsumsi kafein setelah jam 2 siang.

Selain itu, mengonsumsi alkohol, bahkan wine atau wiski di malam hari, merusak kualitas tidur: Alkohol menyebabkan beberapa gangguan tidur di tengah malam. Ingat, kualitas tidur sangat mempengaruhi kesehatan mental kita.
 

 


5. Jangan tinggal di tempat tidur setelah bangun
Otak kita sangat adaptif, jadi jika kita menghabiskan cukup pagi di tempat tidur setelah bangun tidur, otak akan belajar mengasosiasikan tempat tidur dengan tetap terjaga, daripada tertidur.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah pergi ke ruangan redup lainnya dan membaca buku sampai tertidur, lalu kembali tidur. Jika masih tidak bisa tidur, tidak apa-apa. Dengan membatasi waktu yang dihabiskan di tempat tidur, kita dapat membangun tekanan tidur agar lebih cepat tertidur:

Nah itu lima tips untuk membantu jika sulit tidur. Kita juga dapat bereksperimen dan menemukan yang terbaik berdasarkan gaya hidup dan keadaan kita masing-masing. Intinya, tidur sangat penting untuk kehidupan yang sehat, produktif, dan memuaskan. Jadikan tidur sebagai prioritas dalam hidup mulai hari ini, ya.

Susah Tidur, Ini 5 Trik yang Bisa Kamu Ikuti Agar Cepat Terlelap