1. Menjaga Komunikasi

Banyak perbedaan dari seorang suami dan istri yang mungkin tidak akan selalu bisa menyatu. Komunikasi lah jalan yang tepat untuk mencegah permasalahan. Dengan menjaga komunikasi, pasangan suami istri akan lebih mampu memahami satu sama lain, berbagi cerita, saling mengungkapkan kasih sayang dan memberi dukungan satu sama lain. Komunikasi merupakan kunci utama sebuah hubungan pernikahan agar bisa harmonis.
 

2. Saling Jujur dan Percaya

Makna pernikahan bukan hanya tentang saling cinta dan mengasihi. Pernikahan membutuhkan komitmen untuk saling jujur dan percaya satu sama lain. Membiasakan untuk selalu jujur terhadap pasangan bisa menghindarkan diri dari masalah besar. Selain itu, memberi kepercayaan juga menjadi sebuah bentuk keyakinan terhadap pasangan tanpa ada prasangka.
 

baca juga

3. Menyampaikan Kata Cinta

Saling mengungkapkan cinta bukanlah hal yang hanya pantas dilakukan bagi pasangan pengantin baru saja. Usia memang akan terus bertambah. Namun ungkapan cinta enggak akan terdengar membosankan bagi pasangan yang saling mencintai. Tidak ada salahnya untuk selalu mengatakan kata-kata cinta terhadap pasangan meski usia enggak lagi muda. Selalu mengungkapkan cinta juga menjadi cara untuk terus menjaga keromantisan.
 

4. Berikan Kejutan

Mengungkapkan cinta tidak hanya bisa dengan kata-kata. Sebuah kejutan kecil yang tak harus dengan barang mewah dan mahal, bisa jadi menjadi pemantik api cinta. Memberikan kejutan pun juga tidak arus menunggu hari spesial. Kejutan yang tiba-tiba menjadi bentuk perhatian dan keromatisan serta bisa memberi suasana baru dalam pernikahan.
 

source: https://.bangkokpost.com
baca juga

5. Jadilah Sahabat

Dalam pernikahan memang hanya ada status suami dan istri. Namun selama menjalani kehidupan pernikahan, ada kalanya sepasang suami istri harus bisa menjadi sahabat. Dengan menjadi sahabat, pasangan suami istri lebih bisa mengerti satu sama lain. Menjadi sahabat juga berarti menjadi tempat pertama untuk bercerita, berkeluh kesah dan mengungkapkan berbagai perasaan tanpa harus menumpahkannya pada orang lain.

6. Ingatlah Momen Indah

Rasa bosan memang enggak bisa dihindari kemunculannya dalam sebuah hubungan pernikahan. Bertahun-tahun menjalani hidup bersama memang kadang memunculkan perasaan jenuh terhadap keadaan maupun pasangan. Jika rasa itu datang, coba ingatlah kembali masa-masa indah saat mulai saling jatuh cinta, saat begitu ingin selalu di sampingnya hingga momen awal pernikahan yang pasti indah.