Perawatan wajah memang sangat penting untuk dilakukan baik di kalangan muda maupun kalangan lanjut umur. Tak terkecuali dengan ibu hamil. Meskipun saat hamil, kamu tetap perlu menjaga kulitmu. Namun ada beberapa hal yang tak bisa dilakukan ibu hamil saat perawatan wajah karena kandungan dalam produk perawatan wajah dapat merusak janin. Yuk, simak tips-nya.

Jangan Pakai Produk dengan Kandungan Tertentu

Produk-produk yang termasuk dalam kandungan yang perlu dihindari oleh ibu hamil adalah accutane, retin-A, retinol, BHA, asama retinoat, asam salisilat, tetrasiklin, dan beta hydroxy acid. Bahan-bahan itu biasanya terdapat pada produk perawatan wajah seperti obat jerawat dan produk anti-aging. Menggunakan kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan benzoil peroksida karena aman dan baik. Namun, sebelumnya, konsultasikan pada dokter kehamilan kamu ya.

Jangan Pakai Produk dengan Kandungan Tertentu
baca juga

Pakai Pelembap dengan SPF

Menggunakan pelembab yang mengadung SPF selama masa kehamilan akan membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Biasanya selama kehamilan, peningkatan hormon akan memicu sel-sel pigmen semakin bertambah, hal itu yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Gunakan sunscreen baik saat mendung ataupun terik, apalagi saat bepergian keluar rumah. Di samping itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan doktermu ya.

Pakai Pelembap dengan SPF

Masker Wajah Alami untuk Ibu Hamil

Buah-buahan dikenal memiliki kandungan antioksidan dan banyak vitamin. Nah, kamu bisa membuat masker sendiri di rumah dengan buah-buahan itu loh. Buah-buahan yang bisa kamu coba adalah tomat, bengkuang, wortel. Cukup hancurkan buahnya lalu oleskan ke wajah, tunggu hingga beberapa menit. Vitamin pada buah-buah itu akan membuat kulitmu jadi lebih sehat dan terawat meski dalam masa hamil.

Masker Wajah Alami untuk Ibu Hamil
baca juga

Rajin Konsumsi Air dan Buah

Kunci dari perawatan wajah yang paling penting adalah konsumsi air dan buah yang teratur. Karena  dalam buah terkandung vitamin-vitamin yang bisa memperbaiki tekstur kulitmu dan membuat kulitmu jauh lebih sehat. Air juga akan membantumu agar kulitmu tetap terhidrasi dan sehat. Kamu bisa menambahkan potongan lemon pada air minummu. Lemon berkhasiat untuk mendetoks kulit dan tubuhmu agar terhindari dari racun-racun.

Rajin Konsumsi Air dan Buah