Bahan-bahan untuk Membuat Gado-gado Betawi

Bahan-bahan :
100 gram tauge,siangi
1 buah kol
100 gram kacang panjang
1 buah wortel
1 buah timun
8 lembar daun selada
2 buah kentang
2 buah tahu
1 papan tempe
1 buah lontong

Bahan-bahan untuk saus kacang :
700 ml santan
200 gram kacang tanah
50 gram gula merah (iris halus)
4 lembar daun jeruk (sobek)
1 sendok teh gula pasir
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh asam jawa
2 sendok teh garam
Minyak secukupnya

Bahan Bumbu Halus:
8 buah cabe mereh keriting ( rebus sebentar )
4 siung bawang putih (goreng sebentar )
3 cm kencur
1/2 sendok teh terasi bakar
 
Bahan pelengkap:
Bawang goreng secukupnya
Kerupuk udang secukupnya
Telur rebus secukupnya



 
Bahan-bahan untuk Membuat Gado-gado Betawi

Cara Membuat Gado-gado Betawi

1. Kupas kentang dan wortel lalu cuci bersih. Lalu potong-potong kentang dan wortel dengan bentuk dadu sedang. Iris kasar kol dan potong-potong kacang panjang.
2. Panaskan air secukupnya dalam panci sampai  mendidih. Ambil sedikit air mendidih lalu seduh toge. Tiriskan lalu sisihkan.
3. Rebus kentang, wortel, kol, dan kacang panjang di dalam air mendidih hingga matang. Angkat lalu tiriskan dan sisihkan.
4. Potong-potong timun, lalu sisihkan. Iris kasar selada. Sisihkan.
5. Haluskan 1 siung bawang putih dan garam. Lalu tambahkan sedikit air. Rendam tempe dan tahu ke dalamnya. Dan goreng di dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan, lalu potong-potong dengan bentuk dadu sedang. Sisihkan.
6. Potong-potong lontong dengan bentuk dadu sedang. Sisihkan.
7. Membuat saus kacang. Cuci bersih kacang tanah. Lalu goreng dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan. Ulek kacang sampai halus. Sisihkan.
8. Larutkan asam jawa dengan 3 sdm air panas. Saring dan ambil airnya. Sisihkan.
9. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Masukkan kacang tanah halus,lalu aduk rata. Masukkan santan, gula merah, kecap manis, dan garam. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih. Masukkan air asam jawa, aduk rata. Masak hingga saus mengental dan koreksi rasanya. Angkat lalu sisihkan.
10. Tata di atas piring potongan lontong,kentang,  tahu, tempe dan semua sayuran. Lalu tambahkan bahan pelengkap telur rebus yang dibagi dua, taburkan bawang goreng diatasnya dan sajikan gado-gado betawi bersama dengan kerupuk udang.
 

 

Cara Membuat Gado-gado Betawi
Catatan tambahan: Untuk membuat saus kacang pilihlah kacang yang berkualitas dan gunakan kacang tanah yang sudah dikupas kulitnya, hal ini akan membuat bumbu kacang menjadi lebih enak. Goreng kacang hingga matang pastikan kacang matang dengan sempurna jangan matangkan kacang dengan menggunakan oven karena akan membuat kacang kurang gurih. Dan pastikan menghaluskan kacang saat kacang masih panas. Sehingga akan keluar minyaknya apabila menghaluskan kacang saat sudah dingin minyaknya tidak akan keluar.