Yoga

Yoga dalam bahasa sansekerta bermakna penyatuan dengan alam. Awalnya, yoga memang merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi di mana seseorang dituntut untuk memusatkan seluruh pikirannya agar bisa mengontrol panca indra dan tubuhnya secara keseluruhan. Yoga menghubungkan antara postur, nafas, dan meditasi yang berdampak pada kesehatan fisik, mental, emosi, dan spiritual. Seiring berjalannya waktu, yoga pun terus berkembang hingga kini menjadi salah satu jenis olahraga dengan berbagai variasi dan berbagai yoga pose.

Yoga
Image : fitnessmagazine.com
source: http://www.fitnessmagazine.com/workout/yoga/poses/beginner-yoga-poses/

Seperti pose dasar yoga ini, mountain pose ini tampaknya sederhana, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar dapat membantu memperbaiki postur dan keseimbangan. Manfaat yoga bagi kesehatan lainnya yaitu mengurangi stress, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilates

Pilates adalah versi kontemporer dari yoga. Pilates merupakan sebuah metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Senam pilates melibatkan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus dan disertai pernapasan dalam. Setiap gerakannya dirancang mengalir dan fokus pada penggunaan otot yang baik dan akurat untuk memastikan tubuh kamu terus bergerak guna meningkatkan koordinasi gerakan, pola pernapasan, dan kesadaran tubuh.

Pilates
Image : prosourcefit.com
source: https://www.prosourcefit.com/blogs/news/3-pilates-exercises-for-a-better-butt

Manfaat pilates bagi kesehatan yaitu untuk pemulihan tubuh setelah cedera atau menguatkan persendian yang lemah, pilates berfungsi meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas serta keseimbangan tubuh. Pilates juga telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memperbaiki postur tubuh.

baca juga

Teknik Pernafasan

Teknik Pernafasan
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Keduanya memiliki sedikit perbedaan dalam teknik pernapasan. Yoga berfokus pada energi di dalam tubuh. Kamu akan diajak untuk mengambil dan mengeluarkan napas melalui hidung. Berbeda dengan yoga, teknik pernapasan dalam pilates biasanya menghirup napas melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut.

Metode

Metode
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Sebagian besar kelas yoga biasanya akan mewajibkan membawa matras yoga setiap berlatih. Penggunaan alat bantu lainnya seperti kain, tali, dan bola mungkin akan digunakan, namun sangat jarang dan hanya dibawa untuk latihan yoga tertentu saja. Sementara pilates terkadang juga membutuhkan matras, namun bukan menjadi bagian yang paling pokok. Latihan ini biasanya lebih sering menggunakan alat bantu seperti bola, tali, atau alat khusus pilates pada setiap sesinya.

baca juga

Pilih Yoga atau Pilates?

Pilih Yoga atau Pilates?
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Jika tujuan kamu adalah pemulihan tubuh setelah cedera atau menguatkan persendian yang lemah, pilates memiliki keunggulan yang lebih dibanding yoga. Namun, jika kamu ingin berolahraga sekaligus melepas rasa penat dan stres dari rutinitas sehari-hari, kamu bisa memilih yoga yang bisa membuat tubuh dan pikiran kembali segar.