Kawah Ijen Siang & Sore Hari

Kawah Ijen bisa dikatakan sebuah wisata alam paling terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelum Beautynesia mengulas keindahan Kawah Ijen di malam hari, sebelumnya mari kita bahas keindahannya di siang hari.

Jika malam dini hari kita bisa menikmati pemandangan api biru, pada siang hari kita akan disuguhi dengan pemandangan yang tidak kalah keren, yakni Kawah Ijen dengan pemandangan air yang berwarna biru tosca. Pemandangan tersebut adalah danau asam terbesar di dunia. Oleh karena itu jangan coba-coba menyentuh airnya ya, karena andungan asamnya sangat tinggi.
 

source: https://www.wellandgood.com/wp-content/uploads/2019/03/kawah-ijen-4.jpg

source: https://www.wellandgood.com/wp-content/uploads/2019/03/kawah-ijen-2.jpg
 

Kawah Ijen Malam Hari

Hal yang paling terkenal dari Kawah Ijen adalah cahaya biru pada malam hari. Kalo dilihat secara kasat mata, cahaya biru di Kawah Ijen memang terlihat seperti api biru. Akan tetapi, setelah diteliti, percikan biru yang disebut Blue Fire itu bukanlah api. Cahaya biru disebabkan oleh pembakaran belerang, produk vulkanik umum yang menghasilkan nyala biru. Kandungan belerang yang begitu besar bertemu dengan panas bumi bertekanan tinggi sehingga terjadilah reaksi oksidasi. Reaksi pembakaran belerang inilah yang menghasilkan panas dan cahaya, yang diterima sebagai warna biru oleh reseptor mata kita. Waktu terbaik untuk menyaksikan ini sekitar pukul dua sampai pukul empat dini hari.


 

source: https://www.wellandgood.com/wp-content/uploads/2019/03/kawah-ijen-12.jpg


 

source: https://www.wellandgood.com/wp-content/uploads/2019/03/kawah-ijen-9.jpg




Itu tadi sedikit ulasan tentang Kawah Ijen. Tertarik berkunjung ke Kawah Ijen untuk menyaksikan keindahan "api biru" dengan mata sendiri? Yuk, segera packing berlibur!