Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Siapa yang tidak kenal dengan pasangan ini? Pasangan ini mendapat lebih banyak sorotan karena pernikahan beda agama. Mereka dikenal sebagai pasangan beda agama yang sangat rukun. Mereka pun memberi kebebasan kepada anak-anaknya, Nana Mirdad, Kenang Kana, dan Naysilla Mirdad, untuk memilih agama yang dikehendaki. Meski telah bercerai 2013 silam, pasangan ini masih menunjukkan hubungan yang harmonis sebagai ayah dan ibu bagi tiga anaknya.

Lydia Kandou dan Jamal Mirdad
source: https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/pembantu-sebut-lydia-kandou-dan-jamal-mirdad-baik-baik-saja-14d4c7.html

Jeremy Thomas dan Ina Indayanti

Pasangan ini dulunya adalah pasangan beda agama. Menikah di 1994, Jeremy menganut agama Katolik, sementara Ina beragama Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, sang istri mengikuti mengikuti keyakinan suaminya. Meski pernah berbeda agama, mereka sudah buktikan hal tersebut bukanlah sebuah penghalang. Mereka telah dianugerahi dua orang anak, Axel Matthew dan Valerie Teresa Thomas, yang juga terjun ke dunia hiburan seperti sang ayah.

Jeremy Thomas dan Ina Indayanti
source: https://www.orami.co.id/magazine/potret-mesra-jeremy-thomas-dan-ina-thomas/
baca juga

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen

Menikah pada 2003, Ari beragama Katolik, sedangan Nia menganut agama Islam. Hebatnya sampai saat ini pun mereka masing menganut agamanya masing-masing dan hidup rukun dalam perbedaan. Tak ada sama sekali berita miring yang menerpa rumah tangga mereka. Bukti nyata bahwa pernikahan beda agama bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen
source: https://nova.grid.id/read/051255230/15-tahun-menikah-ari-sihasale-dan-nia-zulkarnaen-tetap-mesra-meski-beda-keyakinan?page=all

Hukum Nikah Beda Agama

Masalah yang sensitif ini memang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik. Karena setiap orang mempunyai hak untuk memilih apa yang terbaik untuk mereka. Namun, hukum nikah beda agama pun ternyata sama dalam agama Islam dan Kristen lho, Ladies. Faktanya, pernikahan beda agama hukumnya haram.

Dalam Islam pernyataan ini didasari oleh dalil-dalil Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 221 dan Al-Mumtahanah ayat 10 yang menjelaskan bahwa orang-orang mukmin dilarang menikahi wanita musyrik. Menikah dengan orang kafir tidak dihalalkan dalam Islam. Sedangkan dalam Kristen didasarkan pada Alkitab.

Tapi ini kembali pada diri masing-masing, Ladies. Kita tidak mempunyai hak untuk menghakimi seseorang untuk apa yang orang lain lakukan dan putuskan. Selama semuanya hidup dalam kerukunan dan kedamaian, bukankah itu yang terbaik?