Tidak Memilih Minyak yang Tepat

Memilih minyak alami terlebih untuk wajah pemilik kulit berminyak memang sedikit tricky. Bukannya mendapat manfaat yang diinginkan, wajahmu justru akan jerawatan karena pori-pori wajah tersumbat. Agar hal tersebut bisa dihindari, pastikan kamu memilih minyak alami yang tinggi kandungan linoleic acid dan tidak bersifat comedogenic atau yang memiliki rating comedogenic 0-2. 

Tidak Memilih Minyak yang Tepat
source: https://id.pinterest.com/

Mengambil Minyak dari Dapur

Minyak yang digunakan di dapur seperti sunflower oil, safflower oil dan olive oil umumnya sudah dicampur dengan oleic acid agar tidak cepat basi atau tengik. Namun bahan ini bersifat comedogenic sehingga dapat menyumbat pori-pori jika digunakan untuk wajah. Paling baik, gunakan minyak alami berlabel pure, unrefined, cold pressed dan organic yang mana belum tercampur bahan lain apapun. Minyak alami yang masih murni ini dapat kamu temukan dipenjual skincare organik yang kini sudah semakin menjamur di pasar skincare online

Mengambil Minyak dari Dapur
source: https://bukalapak.com/
baca juga

Tidak Memperhatikan Kualitas Minyak yang Digunakan

Minyak alami umumnya cepat mengalami oksidasi dan hanya bertahan sekitar 6 bulan sebelum akhirnya basi atau berbau tengik. Oleh karena itu, jangan malas untuk selalu mengecek kualitas minyak alami yang kamu gunakan. Sebab salah-salah wajahmu justru akan berjerawat karenanya. Saat membeli, pilih minyak yang dikemas dalam botol kaca gelap dan simpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung agar minyak tidak cepat rusak. 

Tidak Memperhatikan Kualitas Minyak yang Digunakan
source: https://www.aboutoliveoil.org/

Memakai Handuk yang Kurang Bersih

Bukan dari produk yang kamu gunakan, penyebab munculnya jerawat bisa jadi datang dari handuk yang kamu dipakai setelah mencuci wajah. Kondisinya yang sering lembab membuat handuk mudah ditumbuhi bakteri yang menyebabkan iritasi dan jerawat di wajah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya rutin mencuci handuk setelah 3 - 4 kali pemakaian untuk menghindari tumbuhnya bakteri.

Memakai Handuk yang Kurang Bersih
source: https://www.thespruce.com/
baca juga

Tidak Membersihkan Makeup Sampai Tuntas

Dibanding produk pembersih wajah berbahan dasar air, cleansing oil dapat bekerja lebih baik karena mampu membersihkan lebih dalam terutama dalam mengangkat makeup waterproof. Namun jika habis menggunakan makeup tebal, kamu tetap perlu membersihkan wajah dengan metode oil cleansing secara double agar makeup dapat terangkat sampai tuntas.

Pijat-pijat minyak ke seluruh wajah kurang lebih 60 detik sebelum kemudian angkat menggunakan kapas. Lakukan sekali lagi untuk mendapatkan bersih yang maksimal.

Tidak Membersihkan Makeup Sampai Tuntas
source: https://www.ennscloset.com/

Melakukan Cleansing Oil Tanpa Mencuci Tangan

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan perpindahan bakteri dan kotoran dari tangan ke wajah. Hal ini kemudian memicu timbulnya jerawat yang mengganggu penampilan. Jadi sebelum mengoleskan produk cleansing oil ke wajah, pastikan tanganmu sudah benar-benar bersih, Ladies. Sebab jika tidak, bukannya mendapat hasil yang diinginkan, wajahmu justru jadi berjerawat akibat kamu kurang menjaga kebersihan tangan.

Melakukan Cleansing Oil Tanpa Mencuci Tangan

Wajahmu Tidak Terbiasa Menggunakan Minyak

Jika kamu belum pernah menggunakan minyak untuk wajah sebelumnya, kamu wajahmu mungkin akan bereaksi dengan munculnya jerawat. Oleh karena itu sebelum menggunakannya secara penuh, lakukan patch test ke bagian kecil wajah atau leher untuk melihat apakah ada reaksi yang ditimbulkan atau tidak. 

 

Wajahmu Tidak Terbiasa Menggunakan Minyak

Sumber : healthyskinglows.com