Karena kebahagiaan tiap orang itu berbeda, jadi cara untuk mendapatkan kebahagiaannya pun berbeda-beda. Tapi enggak semua orang bisa mendapatkan kebahagiaan yang dia inginkan. Kadang hal itu bikin orang jadi putus asa, stress, parahnya nanti jadi depresi.

Padahal, nih, buat bahagia itu simple, kok. Selain hal-hal yang sudah terpenuhi, tentunya harus ada juga hal-hal yang dihindari untuk jaga jarak dengan hilangnya kebahagiaan.


 1. Jangan Dengarkan Omongan Orang Lain 

Ini penting banget, nih. Kalau kamu sudah mencapai atau baru melangkah, pasti ada aja omongan orang lain yang enggak enak. Dan kalau kamu enggak bisa memilah mana yang perlu didengar dan kapan kamu harus tutup telinga, hal itu bisa menghambat kebahagiaan kamu.

Tapi, jangan sepenuhnya kamu menulikan diri, ya. Jadikan ucapan orang lain sebagai motivasi dan koreksi. Kalau ada yang berkomentar baik, jadikan itu semangat. Tapi misal ada yang enggak ngenakin, kamu bisa koreksi diri kamu dan perbaiki kalau memang harus diperbaiki. Setuju?

Hindari 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia
baca juga


 2. Jangan Buang-buang Waktu untuk Hal Negatif 

Enggak semua yang ada di sekitar itu baik buat kita. Pasti ada aja yang negatif. Kenali lingkungan sekitarmu yang kira-kira bisa mempengaruhi hidup. Kalau itu buruk, tinggalkan. Pindah ke lingkungan yang baik. Dengan begitu, apa yang kamu lakukan pun akan ke arah yang positif. Berbeda dengan kalau kamu ada di lingkungan negatif.

Terus lakukan hal-hal positif yang bisa membuat kamu bahagia. Sudah siap untuk menjauhi hal-hal negatif? Siap, ya?

Hindari 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia


3. Masa Bodoh dengan Urusan Orang Lain

Jangan pedulikan apa yang orang lain lakukan dan berhenti dari membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Apa yang kamu lakukan dan mereka lakukan pasti punya alasan masing-masing, cara masing-masing, bahkan prosesnya pun berbeda.

Daripada merasa enggak puas dengan diri sendiri karena membandingkan dengan apa yang orang lain capai, lebih baik fokus ke diri sendiri aja untuk apa yang akan dicapai. Iya, 'kan?

Hindari 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia
baca juga


4. Stop Mengeluh

Enggak akan ada habisnya kalau suka mengeluhkan situasi. Syukuri apa yang sudah dicapai. Apalagi dengan banyak hal yang kamu punya di dunia ini harusnya bisa jadi salah satu sumber kebahagiaan atau motivasi, kan?

Kalau sering mengeluh tentu membuat diri jadi enggak pernah puas dengan apapun yang sudah pernah dilakukan atau dicapai. Hal itu sama sekali tidak sehat, lho.

Hindari 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia


5. Buang Jauh-jauh Perasaan Dendam

Ini dia yang paling banyak berperan sebagai penghambat kebahagiaan. Kalau hidup selalu diliputi rasa dendam, pasti jadi enggak tenang. Ada aja hal yang bikin keki. Biasanya juga hal yang dilakukan jadi banyak yang negatif. Dan parahnya lagi tujuan mencapai sesuatu sudah bukan untuk diri sendiri, tapi lebih ke menjatuhkan orang lain.

Hidup seperti itu memangnya enak? No, Ladies. Hal itu justru akan menjauhkan kamu dari kebahagiaan. So, ikhlaskan, maafkan, dan awali semuanya dengan pikiran positif.

Hindari 5 Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia